Spesifikasi Xiaomi Redmi 7 yang Bersaing di Performa

CNN Indonesia | Rabu, 24/04/2019 09:36 WIB
Spesifikasi Xiaomi Redmi 7 yang Bersaing di Performa Redmi 7 (Foto: CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Xiaomi mengungkap kemunculan Redmi 7 yang mengedepankan performa dengan harga murah. Ponsel dari jajaran Redmi ini menggunakan chipset Snapdragon 632 dan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Dengan chipset tersebut, Redmi 7 dijamin memberikan performa mumpuni untuk ponsel segmen entry level atau ponsel murah.

Snapdragon 632 sendiri ditempatkan Qualcomm untuk ponsel kelas menengah. Chipset ini menggantikan Snapdragon 625 yang dulu sempat menjadi favorit ponsel-ponsel kelas menengah. Snapdragon 632 sendiri adalah versi ekonomis dari 636. 

Redmi 7 masuk dikelas entry level dengan banderol harga dibawah Rp2 juta. Untuk varian RAM 2GB Redmi 7 dilego Rp1,6 juta dan ROM 16GB dan Rp1,9 juta untuk varian RAM 3GB dan ROM 32 GB.


"Membandingkan Snapdragon 632 dengan  636 dan 625. Kinerja 632 40 persen lebih besar dari 625 dan bersaing dengan 632," kata Head Of South East Asian & Country Head Xiaomi Indonesia Steven Shi disela acara peluncuran Redmi 7 di kawasan Kuningan, Jakarta Selaran, Selasa (23/4).

Selain itu, Shi mengatakan rata-rata frame rate yang dihasilkan Snapdragon 632 lebih stabil dibandingkan dengan Snapdragon 625. Snapdragon 632 juga digunakan karena memberikan keseimbangan dalam performa dan konsumsi. 

Shi mengatakan cipset ini memiliki empat inti performa dan empat inti penghemat daya dengan Qualcomm Kryo 250 Octa-core CPU.

Penggunaan CPU ini meningkatkan performa  Redmi 7 dibandingkan dengan ponsel lain di kelasnya. Pasalnya ponsel lain di kelas berbeda biasanya hanya menggunakan prosesor dengan delapan inti hemat daya saja. 

"Kami sadari pengguna di Indonesia itu gamer dan mobile gamer. Maka kami tes frame per second (fps), 625 menghasilkan rata-rata 43,9 fps tapi tidak stabil frame rate-nya. Kalau 636 rata-rata 58,8 fps," kata Shi.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 7 Andalkan PerformaRedmi 7 tampak belakang. (Foto: CNN Indonesia/Jonathan Patrick)

Menyoal bidang fotografi, kamera  depan Redmi 7 beresolusi 8 MP. Pada kamera utamanya dibekali dengan kamera ganda AI yang bekonfigurasi 12 MP yang memiliki sensor 1,25 mikron dan 2 MP yang dibekali untuk fitur bokeh (depth sensor). 

"Kamera juga dibekali dengan 27 AI scene detection yang bisa mengoptimalkan hasil foto," ujar Shi

Shi mengatakan Redmi 7 juga dibekali dengan fitur universal remote untuk lebih dari empat ribu perangkat elektronik dan peralatan rumah tangga. Bahkan ponsel juga dibekali dengan fitur bawaan pemutar radio. 

"Ada FM radio. Berdasarkan riset dengan Mi fans, mereka ingin mengunakan ponsel untuk dengarkan radio jadi kami kembalikan fitur ini," kata Shi. 

Dari segi keamanan, ponsel dibekali dengan AI Face Unlock dan sensor pemindai sidik jari yang diletakkan pada punggung ponsel.

Redmi 7 dibekali dengan layar seluas layar 6,26 inci beresolusi HD plus. Layar ponsel juga dibekali dengan tampilan poni 'Dot Drop'. Layar Redmi 7 juga dibekali dilapisi dengan Corning Gorila Glass 5.

"Semakin besar semakin mudah rusak. Kami gunakan kualitas tinggi di kaca depan untuk mengurangi kejadian layar pecah," ujar Shi. 

Redmi 7 hadir dengan tiga pilihan warna, yaitu Comet Blue, Lunar Red dan  Eclipse Black. Ponsel akan mulai dijual pada 2 Mei 2019. (jnp/evn)