Ketahanan Kamera 'Pop-Up' Dipertanyakan, Oppo Tetap Pede

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Minggu, 28/04/2019 07:51 WIB
Ketahanan Kamera 'Pop-Up' Dipertanyakan, Oppo Tetap Pede Oppo F11. (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Oppo percaya diri atas ketahanan kamera pop-up miliknya. Sebab menurut Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia hingga saat ini belum ada keluhan pengguna soal kamera jenis itu.

"Sampai saat ini belum ada yang komplain soal kamera Oppo Find X meski banyak yang sempat meragukan," jelas Aryo saat konferensi pers Oppo Reno di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (26/4).

Hal ini diungkap Aryo ketika memperkenalkan Oppo Reno. Seperti Find X yang sudah meluncur sejak pertengahan tahun kemarin, ponsel anyar ini juga menggunakan pop-up untuk kamera depan.


Bedanya, mekanisme pop-up untuk ponsel ini hanya dilakukan pada salah satu sisi kamera saja, tidak seperti Find X yang mesti mengangkat seluruh bagian kamera. Sehingga, ketika kamera depan Oppo Reno muncul, bagian atas ponsel akan tampak miring alih-alih muncul kotak di bagian atas ponsel.

Selain itu, Aryo menyebut mesin kamera pop up Reno tahan hingga 200 ribu naik turun.

"Sehingga, kalau dipakai selfie 100 kali sehari, tahan untuk dipakai selama 5 tahun," lanjutnya.

Aryo juga mengungkap kalau banyak yang mempertanyakan bagaimana kalau kamera pop up jika ponsel terjatuh. Namun ia menjelaskan bantuan sensor gyroscope dan accelerometer akan membantu kamera untuk masuk secara otomatis ketika ponsel jatuh.

Selain mengusung konsep pop-up, ponsel ini juga mengunggulkan kemampuan zoom yang biasa mencapai 10x pembesaran lensa. Jika ditambah dengan pembesaran digital, ponsel ini bisa melakukan pembesaran hingga 20 kali.

Untuk bisa melakukan pembesaran itu, Oppo menggunakan struktur periskop pada kamera ketiga. Struktur periskop ini membantu menghemat tempat untuk menempatkan lensa zoom kamera yang mesti ditempatkan secara vertikal di bodi ponsel yang tipis.

(eks/age)