Spotify Sebut Pelanggan Berbayar Capai 100 Juta

CNN Indonesia | Selasa, 30/04/2019 10:36 WIB
Spotify Sebut Pelanggan Berbayar Capai 100 Juta Ilustrasi (CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu layanan musik streaming Spotify mengumumkan pengguna Premium atau berbayar layanannya telah mencapai 100 juta pada kuartal pertama 2019.

Dilansir Reuters, Spotify mengatakan telah memiliki 217 juta pengguna aktif pada bulan Maret. Jumlah pengguna aktif itu mengalami kenaikan dari 173 juta saat kuartal pertama tahun 2018.

Salah seorang analis dari perusahaan riset FactSet AS mengatakan pelanggan Premium atau berbayar Spotify pada akhir kuartal pertama mencapai 100 juta itu naik dari 75 juta pelanggan pada 2018 lalu.


Selain peningkatan jumlah pengguna berbayar, Spotify juga mencatat kenaikan pendapatan sebesar 33 persen atau US$1,69 miliar menurut data IBES (Institutional Brokers' Estimate System) dari Refinitiv.

Pengguna di Eropa berkontribusi sebesar 40 persen dari total pelanggan berbayar, diikuti oleh Amerika Utara sebesar 30 persen pelanggan Premium.

Sayangnya, Spotify dikabarkan kehilangan sejumlah pendapatan pada kuartal pertama 2019 sebesar US$158 juta seperti yang dilaporkan Engadget.

Selain itu, Spotify tengah mengembangkan fitur podcast guna menopang masa depan perusahaan tersebut. Meskipun baru saja membeli Anchor dan Gimlet, podcast itu telah menerima pendapatan dari iklan yang semakin meningkat.

Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA) juga pernah menyebut 75 persen pendapatan industri musik Amerika Serikat berasal dari layanan streaming musik salah satunya Spotify yang berhasil mendongkrak pertumbuhan pendapatan industri musik Amerika Serikat 12 persen menjadi US$9,8 miliar pada 2018.

Sumbangan ini membuat layanan musik di Amerika Serikat mencatat pertumbuhan dua digit selama tiga tahun berturut-turut. Jika tahun ini pendapatan industri musik naik 12 persen, maka tahun sebelumnya, Billboard mencatat pertumbuhan dua digit sebesar 16,5 persen dan 11,4 persen pada 2016. (din/eks)