YouTube Catat Kenaikan Pengguna Gold Hingga Lima Kali Lipat

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 30/04/2019 15:45 WIB
YouTube Catat Kenaikan Pengguna Gold Hingga Lima Kali Lipat Ilustrasi. (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- YouTube mencatat Indonesia memiliki 200 saluran lokal yang telah memiliki 1 juta palanggan per Maret 2019. Jumlah ini meningkat hingga lima kali lipat dibandingkan pada Maret 2018. Dengan jumlah pelanggan ini, saluran lokal tersebut telah menyandang status Gold oleh YouTube.

"Bahkan setiap bulannya di Indonesia ada 13 channel yang menyentuh satu juta subscriber," kata Director of YouTube Global Creator & Artist Development Chris Schremp dalam acara jumpa pers acara YouTube Pop-Up Space di Jakarta, Selasa (30/4).

Schremp juga mengatakan lokal kreator dengan 100 ribu subscribers meningkat tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu. Saat ini, YouTube mencatat channel dengan level Silver di Indonesia ini telah menyentuh angka 2.500.


Schremp mengatakan jumlah lokal kreator Gold dan Silver ini menunujukkan bahwa Indonesia menjadi salah satu pasar penting bagi YouTube.
Oleh karena itu, YouTube berkomitmen untuk berinvestasi di Indonesia agar bisa mendidik para kreator lokal untuk terus menghasilkan konten berkualitas.

"Kami ingin terus secara konsisten membantu para kreator di Indonesia dan menghadirkan beragam inisiatif yang menunjang perkembangan para kreator, agar dapat terus berkembang bersama dengan perkembangan yang ada di YouTube saat ini" tambah Schremp.

Schremp mengatakan tahun ini YouTube mengadakan YouTube Pop-Up Space. Ini adalah inisiatif yang terus dilakukan membantu mengembangkan kreator YouTube di Indonesia.
Pengembangan ini untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, hingga dapat menemukan kesuksesan di YouTube. YouTube Pop-Up Space telah berlangsung sejak tahun 2016 ini dan sudah menjaring tiga ribu kreator lokal.

Dari tiga ribu kreator lokal tersebut, lima ratus kreator ikut YouTube Pop-Up Space tahun ini.

YouTube secara global mencatat pengguna bulanan hingga 2 miliar pengguna bulanan. YouTube juga mencatat 1 miliar jam durasi konten yang ditonton pengguna.

"Ada 500 jam konten yang diunggah setiap menitnya di Indonesia," kata Schremp.

Indonesia sendiri memiliki Atta Halilintar dan Ria Ricis yang mendapatkan Diamond Award, dengan total subscribers melampaui 10 juta.

Kedua nama tersebut merupakan kreator independen pertama di Asia Tenggara yg mendapatkan Diamond Award. (jnp/age)