Blue Origin Sukses Uji Coba Roket ke Luar Angkasa

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 03/05/2019 11:57 WIB
Blue Origin Sukses Uji Coba Roket ke Luar Angkasa Blue Origin. (REUTERS/Isaiah J. Downing)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wahana antariksa Blue Origin melakukan uji coba final untuk membawa manusia 'berlibur' ke ruang angkasa. Dilansir dari Tech Radar, combo kapsul roket yang dapat digunakan kembali ini menjalankan misi uji ke-11. Kapsul roket ini merupakan sebuah roket pesiar tanpa awak yang dengan 38 percobaan sains.

Sebuah rekor baru untuk pesawat ruang angkasa yang kembali ke Bumi.

"Peluncuran booster dan kapsul yang cantik hari ini. Luar biasa," kata Ariane Cornell dari Blue Origins, Direktur Astronot dan Penjualan Orbital.
"Ini pagi yang cerah," tambahnya,


New Shepard bangkit dari pad di tempat uji Blue Origin West Texas pada waktu setempat. Sekitar 10 menit kemudian, semuanya berakhir karena roket melakukan touchdown vertikal pada landasan pendaratan yang ditentukan, dan kapsul mendarat dengan lembut ke dataran Texas Barat di bawah parasut, mengangkat segumpal debu saat menyentuh tanah.

Misi uji hari ini adalah yang kelima untuk New Shephard, yang terakhir diluncurkan pada Januari. Pesawat ruang angkasa membawa 10 muatan sains pada penerbangan sebelumnya.

Sebanyak 38 percobaan naik dan turun dengan New Shepard pagi ini, kata perwakilan Blue Origin.

Sembilan dari 38 percobaan ini didukung oleh NASA. Payload yang disponsori NASA termasuk percobaan pencetakan 3D yang dipimpin oleh University of Kentucky.

Blue Origin dijalankan oleh orang terkaya di dunia, pendiri Amazon.com, Jeff Bezos. New Shepard hanya mewakili satu bagian pengantar dari visi jangka panjang perusahaan, yang melibatkan bantuan untuk membuat jutaan orang tinggal dan bekerja di luar angkasa.

Blue Origin juga mengembangkan roket orbital yang kuat yang disebut New Glenn dan penguat lainnya yang disebut New Armstrong, yang tidak banyak dibicarakan perusahaan.

Sementara dalam karya pendaratan bulan dikenal sebagai Blue Moon. Semua roket milik Amazon dinamai sesuai nama astronot NASA Alan Shepard, orang Amerika pertama di luar angkasa, John Glenn, orang Amerika pertama yang mengorbit Bumi dan Neil Armstrong, orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan.

Kita harus belajar lebih banyak tentang rencana Blue Origin untuk berbagai proyek ini dalam seminggu. Kamis depan (9 Mei), Bezos akan memberikan ceramah di Washington, D.C., yang akan memberikan pembaruan status sambil berbagi lebih banyak tentang visi perusahaan, kata perwakilan Blue Origin. (age)