Makam Kuno Berusia 4.500 Tahun Ditemukan Dekat Piramida Giza

eks, CNN Indonesia | Selasa, 07/05/2019 07:02 WIB
Makam Kuno Berusia 4.500 Tahun Ditemukan Dekat Piramida Giza Penemuan makam kuno berusia 4.500 tahun di Mesir (REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Purbakala Mesir menguak makam tua berumur 4.500 tahun di dekat piramida Giza, Sabtu (6/5). Dalam makam itu ditemukan peti mati kayu berbagai warna dan patung-patung dari batu kapur yang berasal dari era Kerajaan Mesir Kuno.

Situs ini terletak di tenggara dataran tinggi Giza yang menyimpan berbagi makan dan berbagai bentuk penguburan dari berbagai masa. Tapi kuburan tertua adalah kuburan keluarga dari batu kapur dari dinasti ke lima sekitar 2.400 tahun sebelum Masehi, jelas kementerian itu.

Fotografer AFP yang diizinkan masuk ke kuburan kuno itu melihat berbagai tulisan di dinding, sarkofagus kayu yang dilukis dengan rumit dan patung-patung hewan dan manusia.


Pihak kementerian mengatakan bahwa makam itu milik dua orang, Behnui-Ka dan Nwi. Behnui-Ka memiliki tujuh gelar termasuk Imam dan Hakim. Sementara Nwi dikenal sebagai Kepala Negara Besar dan pemurni Firaun Khafre .

Khafre dikenal oleh orang Yunani Kuno sebagai Chephren. Ia adalah tokoh yang membangun dua dari tiga Piramida Giza yang terkenal.

"Banyak artefak ditemukan di makam," kata Kementerian itu, "termasuk patung batu kapur dari salah satu pemilik makam, istri dan putranya."

Ashraf Mohi, Direktur Jenderal Giza Plateau, mengatakan kuburan itu sering digunakan kembali secara pada Periode Akhir, pada awal abad ketujuh SM.

Kementerian itu juga memperlihatkan peti mati dari Zaman Akhir yang dihiasi tulisan hieroglif pada tutupnya dan topeng penguburan dari kayu dan tanah. (eks)