Tri Bakal Tambah 37 BTS Mobile Jelang Mudik Lebaran

CNN Indonesia | Kamis, 09/05/2019 01:00 WIB
Tri Bakal Tambah 37 BTS Mobile Jelang Mudik Lebaran Ilustrasi. (Foto: (my.tri.co.id))
Jakarta, CNN Indonesia -- Hutchison Tri Indonesia (Tri) mengatakan pihaknya akan menambah 37 mobile base transceiever station (BTS) di beberapa tempat keramaian seperti jalur mudik di jalan tol Merak sampai Sidoarjo. 

Hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan jaringan data di jalur mudik seperti jalan tol yang dilalui oleh sebagian warga Jakarta.

"Kita akan melakukan optimalisasi jaringan di jalur mudik dan itu menyangkut perbaikan cakupan di area-area yang akan dilalui oleh sebagian warga Jakarta," kata VP of Network Strategic Planning & Customer Experience Management Tri Indonesia, Gustiansyah Wilson di Kembang Goela, Jakarta, Selasa (7/5).


Gustiansyah mengatakan pihaknya akan menambah 37 BTS mobile yang mencakup area tol Merak sampai ke Sidoarjo yang berada di ujung Pulau Jawa. Penambahan ini dilakukan tak lain untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama perjalanan mudik dari Jakarta ke beberapa daerah di Indonesia.

Selain jalan tol, BTS mobile juga akan ditempatkan di bandara, lokasi wisata, pelabuhan, stasiun kereta api, dan terminal bus yang diprediksi akan mencatat peningkatan trafik. Di saat bersamaan, Tri juga melaporkan telah membangun 8.000 site 4G dengan lebih dari 50 persen diantaranya berada di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Tujuannya [peningkatan kapasitas] apa? Tujuannya begitu Jakarta kosong, kita mudah memindahkan kapasitas data melalui capacity balancing. Dari Jakarta kita pindahkan sebagian besar misal di Jawa Tengah, mungkin jika beberapa hari kemudian kita pantau Jawa Timur kebutuhan kapasitas datanya tinggi, kita akan pindah ke sana," ujarnya.

Chief Commercial Officer Tri Indonesia Dolly Susanto mengatakan bahwa terjadi peningkatan akses data selama Ramadan terutama pada pagi hari pukul 03.00-0700 WIB dan siang hari mulai pukul 13.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Melihat pola Ramadan dan Lebaran tahun lalu, Dolly mengatakan saat H-3 jelang Hari Raya biasanya trafik data mengalami peningkatan hingga 50 persen dari hari biasa.

"H-7 [sebelum lebaran] sudah isi pulsa dan saat H-3 trafik data naik 30 persen sampai 50 persen dari hari-hari biasanya karena sudah banyak yang mudik dan menggunakan ponsel mereka untuk streaming video atau main gim," tuturnya.

Ditanya aplikasi apa saja yang akan diprediksi mengalami kenaikan trafik data di bulan Ramadan dan Idul Fitri, Dolly mengatakan platform sosial media seperti YouTube, Facebook, Twitter dan Instagram bakal mengalami kenaikan. 

"Video streaming seperti Youtube lalu Facebook, Twitter dan Instagram. Selain itu instant messaging di hari H Lebaran yaitu WhatsApp juga sangat-sangat tinggi trafiknya," pungkasnya. (din/evn)


BACA JUGA