Mobil Tesla Bisa Pesan Sendiri Komponennya yang Rusak

ray, CNN Indonesia | Kamis, 09/05/2019 15:07 WIB
Mobil Tesla Bisa Pesan Sendiri Komponennya yang Rusak Tesla Model 3. (Foto: REUTERS/Mike Blake)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tesla memperkenalkan fitur baru pada kendaraannya yang mampu mendeteksi masalah teknis dan secara otomatis memesan komponen rusak jika diperlukan. Fitur tersebut memungkinkan pemilik tidak perlu menerka kerusakan komponen mobilnya.

Pada pemilik mobil kebanyakan, kerusakan komponen adalah hal yang menyebalkan. Terlebih pemilik tidak mengetahui bagian komponen yang bermasalah. Mau tidak mau membawa mobil ke bengkel resmi terpercaya jika tak ingin ditipu oleh montir 'abal-abal'.

Fitur pendeteksi kerusakan komponen ini tersedia pada Tesla Model 3. Informasi peringatan akan muncul pada layar di dasbor dan memberikan informasi kepada pemilik untuk melakukan penggantian komponen yang rusak di dealer Tesla.


"Kondisi yang tidak terduga telah terdeteksi dengan Sistem Konversi Daya pada Model 3 milik Anda. Bagian komponen telah dikirim ke Tesla Service Center. Silakan gunakan Tesla Mobile App atau akun Tesla Anda untuk menjadwalkan kunjungan ke bengkel sekarang," bunyi pemberitahuan itu.

Bagi perusahaan, sistem pendeteksi masalah ini suatu keunggulan mobil-mobil Tesla. Fitur ini semacam 'penjemput bola' yang membuat pemilik mobil cukup duduk di balik kemudi sementara sistem mencari masalahnya sendiri.

"Mobil kami dapat mengawasi komponen tertentu untuk memberi tahu Anda jika perlu penggantian komponen dan memesan suku cadang," kata perusahaan mengutip carscoops.com, Kamis (9/5).

CEO Tesla Elon Musk mengatakan, pemilik dapat membatalkan bagian yang dipesan oleh mobil jika mereka tidak menganggapnya 'perlu'.

"Ini adalah aspek fitur yang penting dan sangat berguna, karena mungkin tidak selalu nyaman atau penting bagi pemilik untuk memesan komponen pengganti yang diperlukan segera," ucap Musk. (ryh/mik)