Bezos Luncurkan Proyek Pendaratan ke Bulan, Blue Moon

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 10/05/2019 12:01 WIB
Bezos Luncurkan Proyek Pendaratan ke Bulan, Blue Moon Blue Moon. (Mark Wilson/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendiri Amazon sekaligus kepala perusahaan ruang angkasa Blue Origin Jeff Bezos mengumumkan niatnya untuk melakukan pendaratan di Bulan.

"Ini Blue Moon," kata pria berusia 55 tahun itu dalam sebuah presentasi di Washington, ketika tirai diangkat untuk memperlihatkan model kapal besar ke Bulan.

Kapal ini memiliki berat lebih dari tiga metrik ton kosong dan mampu membawa 3,6 ton ke permukaan bulan.
Kapal ini didukung oleh empat kaki, dengan dek atas di mana peralatan dapat diperbaiki. Tangki besar bahan bakar nitrogen cair menempati pusatnya.


"Ini kendaraan yang luar biasa, dan akan menuju ke Bulan," kata pendiri Amazon itu.

Bezos tidak mengumumkan tanggal spesifik untuk peluncuran pertama proyek tersebut, tetapi Blue Origin kemudian mengatakan bahwa pihaknya mampu memenuhi tujuan yang diumumkan Presiden Donald Trump untuk 'mengembalikan' orang ke Bulan pada 2024.

"Kami dapat membantu untuk memenuhi tenggat waktu itu, karena kami memulai tiga tahun lalu," katanya.

"Sudah waktunya untuk kembali ke bulan, ini saatnya untuk tinggal."

Lima puluh tahun setelah astronot Amerika pertama kali berjalan di Bulan, Amerika Serikat adalah salah satu negara yang menunjukkan minat baru pada satelit alami Bumi.

Kendaraan ini akan mampu membawa instrumen ilmiah, empat penunjuk arah mandiri dan kendaraan bertekanan masa depan bagi manusia.

Tujuannya adalah untuk mendarat di kutub selatan Bulan, di mana endapan es dikonfirmasi pada 2018. Air dapat dieksploitasi untuk menghasilkan hidrogen, yang pada gilirannya dapat memicu eksplorasi sistem tata surya di masa depan. (age/age)