Toyota Sibuk Suplai Mobil Setelah Pengumuman Pemenang Pilpres

ray, CNN Indonesia | Jumat, 10/05/2019 15:23 WIB
Toyota Sibuk Suplai Mobil Setelah Pengumuman Pemenang Pilpres Interior Toyota C-HR Hybrid. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri pada bulan depan waktu yang dinanti masyarakat untuk mudik ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi. Bagi sebagian masyarakat momen lebaran adalah waktu yang tepat mengendarai mobil baru.

Hari Raya Lebaran tahun ini cuma dua minggu setelah pengumuman pemenang pilpres 2019 pada 22 Mei. Dua perayaan dengan waktu berdekatan ini menimbulkan perbedaan karakter konsumen.

Executive General Manager Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengatakan muncul karakter konsumen yaitu meminta pengiriman unit ditunda sampai ada keputusan presiden terpilih dengan alasan lebih aman.


Dijelaskan Soerjo, ada juga konsumen yang sudah membeli mobil baru banyak berharap menerima mobilnya setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) umumkan presiden dan sebelum lebaran.

"Orang masih wait and see. Nah periode hasil KPU itu dianggap merupakan kondisi yang aman untuk delivery kendaraan," kata Soerjo kepada media di Jakarta, Kamis (9/5) malam.

Soerjo menambahkan akhir bulan ini pihak TAM akan sibuk dengan suplai kendaraan menjelang lebaran. Pemenuhan kendaraan tersebut untuk masa inden 1-2 bulan terakhir.

"Jadi peak-nya itu berkisar pada minggu-minggu keempat bulan ini. Jadi sekarang orang lagi terus melakukan pemesanan," ucap dia.

TAM menargetkan penjualan ritel pada Mei sebesar 30 ribu unit, atau naik dari bulan sebelumnya yang mencapai 25,6 ribu unit.

"Target penjualan bulan Mei harapannya bisa sampai angka 30 ribu unit, ritelnya," ucap Soerjo. (ryh/mik)