Tiket Pesawat 'Mahal' Diyakini Dorong Mudik Naik Mobil Rental

fea, CNN Indonesia | Jumat, 10/05/2019 13:52 WIB
Tiket Pesawat 'Mahal' Diyakini Dorong Mudik Naik Mobil Rental Sejumlah pengendara memperlambat laju kendaraannya saat memasuki Gerbang Tol Cikarang Utama, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (21/12/2018).. (Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kenaikan harga tiket pesawat beberapa waktu ke belakang diyakini bakal berdampak positif pada bisnis rental kendaraan. Salah satu pebisnis, Trac dari Serasi Auto Raya, menilai hal itu bakal menguatkan persepsi bahwa masih lebih murah mudik 'nyetir sendiri' ketimbang naik pesawat.

Chief Operation Officer Trac Hadi Winarto mengatakan kebutuhan mobil rental pada momen mudik tahun ini akan meningkat. Alasan utama dikatakan sebenarnya bukan semata karena tiket pesawat 'mahal', melainkan tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta-Surabaya sudah bisa digunakan.

Akses darat via jalan bebas hambatan dipercaya bakal memudahkan perjalanan menggunakan mobil sewaan. Salah satu kelebihan pakai mobil rental buat mudik dikatakan Hadi yaitu bisa digunakan buat sowan ke keluarga dan kerabat di kampung halaman.


"Pastinya, kan (tiket pesawat) mahal banget. Akses itu yang lebih penting karena dari dulu orang mudik lebih senang pakai mobil karena begitu sampai di kota tujuan kan dia mesti keliling-keliling silaturahmi butuh kendaraan kan," kata Hadi.

Mudik menggunakan mobil rental juga dikatakan Hadi lebih murah ketimbang beli tiket pesawat. Dia mencontohkan, satu mobil mudik bila isi lima orang lalu kebutuhan mudik dimisalkan Rp700 ribu, lantas hasilnya Rp3,5 juta. Menurut Hadi biaya itu murah ketimbang lima orang masing-masing beli tiket pesawat.

"Bahkan waktu jaman tiket pesawat murah pun, masih lebih murah naik mobil dan lebih asyik," ucap Hadi.

Harga tiket pesawat yang sengkarut telah memojokkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Budi mengaku diberi waktu sepekan buat memangkas harga tiket pesawat yang kemungkinan akan dimulai dari kelas ekonomi.

Meski begitu belum ada kepastian hal itu bisa terjadi. Pasalnya berbagai pakar ekonomi sudah menyatakan hal itu sulit dilakukan.

Di lain sisi, buat mengantisipasi peningkatan kebutuhan kendaraan rental untuk mudik pada tahun ini, Trac menyiapkan 2 ribu unit armada, naik dari tahun lalu yang berkisar 1.000-1.500 unit. Hadi mengungkap menurut kebiasaan dari tahun ke tahun, semua unit yang disiapkan buat mudik ludes disewa pada dua pekan sebelum Lebaran.


(fea/mik)