Elon Musk Ejek Proyek Pendaratan Bulan Milik Amazon

CNN Indonesia | Sabtu, 11/05/2019 18:03 WIB
Elon Musk Ejek Proyek Pendaratan Bulan Milik Amazon Pendiri perusahaan pesawat ruang angkasa, Elon Musk menyindir alat pendaratan Bulan milik Amazon yang resmi diperkenalkan pada Jumat (10/5).(Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendiri perusahaan pesawat ruang angkasa, Elon Musk menyindir proyek pendaratan Bulan milik Amazon yang resmi diperkenalkan pada Jumat (10/5).

Musk mengunggah cuitan di akun Twitter resminya dengan menuliskan, "Oh berhenti mengejek, Jeff" sembari mengunggah gambar berita terkait peluncuran pendaratan Bulan milik Amazon itu.




Dilansir CNBC, Musk sempat menyebut bos Amazon Jeff Bezos 'peniru'. Pasalnya, Bezos meminta seorang eksekutif SpaceX yakni Rajeev Badyal untuk menjalankan proyek satelit Amazon, yang membuat Musk sontak langsung memecat Badyal.

Pendiri Amazon sekaligus kepala perusahaan ruang angkasa Blue Origin Jeff Bezos mengumumkan niatnya untuk melakukan pendaratan di Bulan.


Pria berusia 55 tahun itu dalam sebuah presentasi di Washington memperlihatkan model kapal besar ke Bulan, yang ia sebut 'Blue Moon'. Kapal ini memiliki berat lebih dari tiga metrik ton kosong dan mampu membawa 3,6 ton ke permukaan Bulan.

Blue Moon juga didukung oleh empat kaki, dengan dek atas di mana peralatan dapat diperbaiki. Tangki besar guna menampung bahan bakar nitrogen cair menempati pusatnya.

Namun, Bezos tidak mengumumkan tanggal spesifik untuk peluncuran pertama proyek tersebut. Di sisi lain, Blue Origin mengatakan bahwa pihaknya mampu memenuhi tujuan yang diumumkan Presiden Donald Trump untuk 'mengembalikan' orang ke Bulan pada 2024.


Selain itu, Blue Moon akan mampu membawa instrumen ilmiah, empat penunjuk arah mandiri dan kendaraan bertekanan masa depan bagi manusia.

Tujuannya untuk mendarat di kutub selatan Bulan, di mana endapan es dikonfirmasi pada 2018. Air dapat dieksploitasi untuk menghasilkan hidrogen, yang pada gilirannya dapat memicu eksplorasi sistem tata surya di masa depan. (din/agi)