Peneliti Temukan Sampah Plastik 10 km di Bawah Laut

CNN, CNN Indonesia | Selasa, 14/05/2019 05:09 WIB
Peneliti Temukan Sampah Plastik 10 km di Bawah Laut Ilustrasi sampah plastik. (Foto: ANTARA FOTO/Jojon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penjelajah laut asal Amerika Serikat, Victor Vescovo, telah menyelam 10.927 m ke dasar Challenger Deep, bagian selatan Mariana Trench di Samudera Pasifik dan menemukan sampah plastik. Ini ironi sebab perjalanan itu diklaim sebagai penyelaman terjauh yang pernah terekam dilakukan manusia.

Penyelaman Vescovo, yang dilakukan pada 1 Mei, merupakan bagian eksplorasi daerah terdalam di bawah laut. Dia menemukan empat spesies baru yang kemungkinan bisa jadi petunjuk asal usul bumi, namun selain itu dia juga mendapati kantong plastik dan bungkus permen di lokasi terdalam di bumi ini.

Vescovo mengatakan kepada CNN.com penjelajahannya ke kedalaman tentang ujian batas upaya manusia dan juga untuk penemuan ilmiah.


"Menuju hal ekstrem saya percaya adalah kecenderungan alami manusia. Saya pikir itu adalah bagian indah dari sifat manusia yang membuat kiat ingin mendorong diri sendiri hingga batas, itu telah membantu kita sebagai spesies tempat kita berada sekarang," kata Vescovo.

Penjelajahan Vescovo dilakukan menggunakan kapal selam bernama The Limiting Factor. Dia menjadi bagian ekspedisi yang difilmkan oleh Discovery Channel bernama Five Deeps Expedition.

Misi ekspedisi itu untuk meneliti dan memetakan lima daerah terdalam di laut bumi menggunakan sonar. Sebelum Mariana Trench, ekspedisi sudah dilakukan di Puerto Rico Trench, South Sandwich Trench, dan Java Trench. Terakhir, Molloy Deep di Samudera Antartika yang akan dipelajari.

(fea)