Perang Tarif Sewa Mobil 'Mewah' Jepang dan Korea untuk Mudik

ray, CNN Indonesia | Selasa, 14/05/2019 14:43 WIB
Perang Tarif Sewa Mobil 'Mewah' Jepang dan Korea untuk Mudik Interior Hyundai H-1. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bisnis sewa mobil untuk mudik ke kampung halaman cukup ketat. Selain Avanza dan Xpander, masyarakat juga bisa menyewa mobil level di atasnya, yaitu Toyota Innova, Alphard, atau Vellfire hingga mobil Korea, Hyundai H-1.

Masyarakat yang tertarik jenis mobil seperti itu harus menyiapkan kocek lebih tebal. Misalnya Trac Astra Rent, perusahaan rental mobil ini membuka harga untuk paket tujuh hari Innova untuk periode pemesenan 1-30 April seharga Rp3,85 juta, lalu periode 1-18 Mei Rp4,45 juta, dan 19-31 Mei Rp4,95 juta.

Mobil-mobil itu baru bisa masyarakat gunakan mulai 27 Mei hingga 13 Juni 2019. Perusahaan tersebut juga memberi opsi paket lain untuk Innova, yaitu tiga hari dan 10 hari.


Sedangkan untuk Alphard, Trac tidak menyediakan opsi paket. Calon konsumen bisa menyewa MPV premium itu per hari menggunakan sopir atau lepas kunci (tanpa sopir) dengan estimasi biaya Rp2 jutaan. Untuk 'lepas kunci' ada persyaratan yaitu menyertakan fotokopi pajak bumi bangunan (PBB), KTP dan KK.

Dari perusahaan rental lain, 168 Premium Car, menyediakan Alphard dan Vellfire dengan biaya serupa. Sewa satu hari penuh dengan sopir sebesar Rp2,4 juta sudah termasuk bahan bakar.

Konsumen harus memulangkan mobil itu tepat waktu, sebab jika tidak akan ada denda sebesar 10 persen dari harga sewa per jamnya.

Perusahaan penyewaan kendaraan lain, Rentcar Premium juga sama yaitu menyewakan Alphard atau Vellfire untuk satu hari sebesar Rp2,4 juta, harga itu sudah termasuk bahan bakar. Khusus Alphard atau Vellfire model Transformers harganya naik menjadi Rp3 juta.

Konsumen yang tertarik menyewa mobi Korea Selatan bisa menaruh pilihan kepada Hyundai H-1. Harga sewa untuk mobil itu selama satu hari plus sopir dikenakan tarif Rp1,5 juta. Hanya saja harga tersebut belum termasuk bahan bakar. (ryh/mik)