Peneliti Komentari Fenomena Ikan Berloncatan ke Pesisir NTT

eks, CNN Indonesia | Rabu, 15/05/2019 17:06 WIB
Peneliti Komentari Fenomena Ikan Berloncatan ke Pesisir NTT Ilustrasi (Walter Baxter via geograph.org.uk)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fenomena ikan-ikan yang loncat dan terdampar di bibir pantai Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), muncul di media sosial. Dalam rekaman video yang dibagikan, tampak warga ikan-ikan itu loncat dan menggelepar di tepi pantai dan ramai diserok warga.



Ikan yang loncat dari air tempat hidupnya bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kondisi perairan dan kejaran predator sebagai reaksi insting untuk menghindar dari kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan.


"Ikan yg loncat ke darat bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan (kondisi perairan) atau kejaran predator," jelas Haryono, Peneliti Utama dan Kepala Lab Ikan LIPI saat dihubungi CNNIndonesia.com lewat pesan singkat, Rabu (15/5).

Faktor lingkungan ini disebut Haryono misalnya terjadi akibat perubahan cuaca atau adanya perubahan faktor lingkungan lainnya. Perubahan cuaca ini disebut Haryono juga menginspirasi predator untuk memburu mangsanya.

Ketika ditanya apakah kasus ikan yang melompat ke daratan ini termasuk peristiwa langka atau tidak, Haryono menyebut kejadian tersebut memang sempat terjadi beberapa kali. Terutama ketika cuaca sedang tidak cerah, saat mendung, atau gerimis. Namun, menurutnya pengaruh faktor lingkungan ini pun perlu dikaji terlebih dahulu.

"Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mengamati apakah pada cuaca tersebut muncul predator potensial (ikan ukuran yg jauh lebih besar)," tulisnya.

Sementara itu, I Wayan Nurjaya, dosen departemen Oceanografi IPB menyebut kalau kawasan Lembata yang menjadi lokasi peristiwa itu termasuk jalur migrasi Paus.

"Setahu kami di Laut Sawu adalah kawasan konservasi perairan untuk jalur migrasi paus," tulisnya ketika dikontak via pesan teks. Namun, ia menolak berkomentar terkait fenomena ikan-ikan yang loncat di pantai Lembata.

Peneliti biomekanis dari Universitas Wake Forest, North Carolina, Amerika Serikat, mengungkap setidaknya ada 7 hal yang membuat ikan loncat dari perairan, seperti dikutip ABC.

Tujuh alasan itu adalah karena ingin melewati rintangan di hadapannya, menangkap mangsa, menghindar dari ikan pemangsa, terkejut, mencari kondisi air yang lebih baik, sekedar untuk kesenangan, atau memang sengaja lompat untuk menjejakan diri di daratan.

Peristiwa ikan yang loncat di perairan ini memang bukan pertama kali terjadi. Peristiwa ini sempat terjadi di Aceh, pantai India, hingga Thailand. Peristiwa ini juga tercatat terjadi di tempat berbeda hampir setiap tahun. Beberapa media melaporkan peristiwa yang sama pada 2015, 2017, 2018. (eks)


ARTIKEL TERKAIT