Cip Modem Besutan Apple Kabarnya Dipasang ke iPhone pada 2025

eks, CNN Indonesia | Jumat, 17/05/2019 07:45 WIB
Cip Modem Besutan Apple Kabarnya Dipasang ke iPhone pada 2025 Ilustrasi (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple dilaporkan akan membuat cip modem mereka sendiri untuk iPhone mereka. Tapi kemunculan cip modem ini tidak akan digunakan hingga 2025.

Keputusan ini juga didorong oleh seteru biaya lisensi cip modem yang dimenangkan Qualcomm atas Apple. Atas kemenangan Qualcomm ini, kedua perusahaan menandatangi kesepakatan kalau Qualcomm akan menyediakan modem cip iPhone selama enam tahun mendatang. Sehingga, cip modem 5G buatan Apple tidak akan muncul di pasaran hingga 2025.

Keputusan Apple untuk sepakat menggunakan cip modem Qualcomm juga dilatari oleh kekecewaan mereka atas performa modem 5G Intel. Keraguan Apple terhadap modem 5G Intel digadang-gadang telah diungkap sejak 2017.


"Pada awal 2017, Apple tengah menyiapkan lini iPhone baru untuk dirilis tahun depan. Tapi modem Intel untuk perangkat itu, 7650, tidak bekerja dengan baik."

"Apple tidak melihat arsitektur 5G modern Intel dan software algoritmanya siap," jelas narasumber The Information yang mengetahui mengenai informasi ini. "Intel sudah membuat prototipe modem 5G siap pakai, tetapi desain chipnya besar dan mahal untuk diproduksi, " seperti dikutip BGR dari The Information. 

Juru bicara Intel menolak berkomentar terkait keputusan Apple ini. Namun, mereka menyebut kalau perusahaan lain telah melakukan pembicaraan dengan Intel terkait pembelian modem 5G mereka.

Apple bahkan dikabarkan tak lama lagi tidak akan menggunakan prosesor Intel lagi untuk produk Mac mereka, tulis 9to5 Mac. Analis yang kerap memberikan bocoran mengenai langkah-langkah Apple menyebut hal ini akan dilakukan Apple pada 2020-2021. (eks/eks)