Tokopedia Incar Transaksi Saat Ramadan Hingga 50 Kali Lipat

CNN Indonesia | Kamis, 16/05/2019 22:39 WIB
Tokopedia Incar Transaksi Saat Ramadan Hingga 50 Kali Lipat Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tokopedia mengklaim program Ramadan Ekstra pada 25 Mei 2018 lalu mencatat transaksi setara lima tahun pertama Tokopedia pada 2009. Kendati demikian, VP Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak enggan untuk menyebut jumlah transaksi pada 2018 lalu.

Nuraini mengatakan Tokopedia akan menargetkan peningkatan transaksi sebanyak 50 kali lipat pada Ramadan Ekstra 2019 yang akan digelar pada 17 Mei 2019.

"Tercatat pada puncak Ramadan Ekstra 25 Mei 2018 lalu, transaksi satu hari sama dengan lima tahun pertama Tokopedia. Inginnya tahun ini sampai 50 kali lipat peningkatan," kata Nuraini saat konferensi pers Ramadan Ekstra di Jakarta, Kamis (16/5).


Nuraini juga mengatakan dalam satu hari pada 25 Mei tersebut, Tokopedia dikunjungi oleh 73 juta masyarakat Indonesia.

"Itu 13 kali lipat ya kira-kira jumlah penduduk Singapura [5,6 juta di tahun 2017]. Antusiasme masyarakat tahun lalu menjadi motivasi kami agar dapat menghadirkan pengalaman yang jauh lebih baik tahun ini," kata Nuraini.

Nuraini mengatakan fesyen muslim merupakan produk yang menjadi incaran pada Ramadan Ekstra 2017. Ia memprediksi fesyen muslim akan menjadi produk yang paling diincar tahun ini. 

"Pada Maret saja Tokopedia catat penjualan produk fesyen meningkat sampai empat kali lipat dibandingkan bulan Maret. Jadi kebayang deh kalau bulan Ramadan mungkin lebih dari itu lagi dibandingkan tahun lalu.”

Nuraini juga mengatakan produk makanan khususnya kurma dan perangkat elektronik merupakan produk yang paling diburu pada Ramadan Ekstra. 

Program Ramadan Ekstra ini menyediakan berbagai promo, seperti gratis ongkos kirim, cashback hingga Rp2 juta, dan undian paket umrah.

[Gambas:Video CNN] (jnp/evn)