East Ventures: Penting Sama Visi Antara Startup dan Pemodal

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 18/05/2019 13:50 WIB
East Ventures: Penting Sama Visi Antara Startup dan Pemodal Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partner East Ventures Melisa Irene menanggapi makin maraknya pemodal ventura yang muncul seperti Grab Ventures guna memberikan pendanaan awal kepada perusahaan rintisan (startup). Melisa mengatakan seharusnya kemunculan sejumlah pemodal ventura itu dapat membantu ekosistem startup agar lebih berkembang.

"Harusnya sangat mendukung [ekosistem]," ujarnya kepada awak media di CoHive D.Lab, Jakarta, Kamis (16/5).

Lebih lanjut kata Melisa, bagi East Ventures sendiri, pihaknya sangat percaya dengan kesamaan visi antara pemodal ventura dengan pendiri dibalik perusahaan startup itu.


"Kami sangat percaya kecocokan. Makanya, P pertama kami adalah People dan berbicara People itu two way. Kami cocok, dia juga cocok," jelasnya.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat sampai Juli 2018, terdapat 65 industri modal ventura yang terdaftar secara resmi usai memenuhi Peraturan OJK Nomor 34/POJK.05/2015 terkait Perizinan Perusahaan Modal Ventura, pasal 9 mengenai ketentuan jumlah modal saat pendirian usaha.

Terkait memberikan modal awal bagi perusahaan rintisan yang ada di daerah, Melisa mengatakan pihaknya bakal membuka peluang jika ada pengembang yang ingin mendorong industri di daerah selain di kota besar seperti Jakarta.

"Karena konsentrasi marketnya di Jakarta jadi mau bikin produk atau solusi di sana pada akhirnya customer base-nya ada di sini, sehingga untuk melakukan bisnis kebanyakan ke Jakarta lagi," kata Melisa

"Misal ada pengembang bisa didorong ke daerah-daerah, kita juga berharap sebenernya itu bisa jadi pusat pengembangan bukan cuma consuming." (din/age)