Tokopedia Catat Pertumbuhan Pedagang 10 Persen

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 07:33 WIB
Tokopedia Catat Pertumbuhan Pedagang 10 Persen Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tokopedia mencatat pertumbuhan pedagang sebesar 10 persen. Pertumbuhan pedagang ini dicapai Tokopedia hanya dalam waktu tiga bulan.

VP Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mencatat jumlah pedagang telah menyentuh angka 5 juta pada Februari. Angka ini meningkat menjadi 5,5 juta pada pertengahan Mei.

"Februari itu kita punya 5 juta, sekarang sudah 5,5 juta. Jadi dalam 3 bulan tambah 500 ribu atau nambah 10 persen," ujar saat konferensi pers program Ramadan Ekstra di Jakarta, Kamis (16/5).

Nuraini mengatakan Tokopedia telah menjangkau 97 persen kecamatan di Indonesia. Dengan jangkauan ini, Nuraini berharap seluruh masyarakat Indonesia bisa menikmati program Ramadan Ekstra. Dengan angka ini artinya, Tokopedia telah menjangkau 6,9 (6.881) ribu kecamatan dari 7,1 (7.094) ribu kecamatan di Indonesia.


"Tokopedia itu mengirimkan barang ke 97 persen kecamatan di seluruh Indonesia. Tiga persen ini sisanya kebanyakan di Indonesia Timur," kata Nuraini.

Menjelang puncak program Ramadan Ekstra, Tokopedia mengatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan mitra logistik untuk mengantisipasi banyaknya pengiriman barang.

VP Merchants Tokopedia Inna Chandika mengatakan persiapan ini dilakukan untuk mencegah keterlambatan pengiriman barang. Dari sisi ketersediaan produk, Inna mengatakan pihaknya mengingatkan mitra pedagang untuk mempersiapkan stok produk.

"Bukan hanya mitra logistik kami, tapi juga mitra pedagang kami sudah kami wanti-wanti untuk persiapann logistik lebih untuk besok," kata Inna.

Inna juga menjelaskan pihaknya telah mempersiapkan sistem server agar tidak down ketika menghadapi puncak traffic pengunjung.

Ia mengatakan sudah mempersiapkan server sejak Desember 2019 untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung. Persiapan ini dilakukan dengan cara meningkatkan kapasistas server agar bisa menampung pengunjung,

"Demi persiapan besok ini kami sudah melakukan persiapan dari Desember. Ibarat sebuah ruangan yang hanya bisa seribu orang sekarang harus bisa untuk 10 ribu orang. Kami berharap saat belanja server tidak akan down," ujar Inna. (jnp/age)