Dampak Google Setop Bisnis dengan Huawei

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 20/05/2019 10:05 WIB
Dampak Google Setop Bisnis dengan Huawei Ilustrasi. (CNN Indonesia/Agnes Savithri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah hampir sepekan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan sikapnya untuk membatasi bisnis perusahaan China di AS.

Aksi ini diikuti oleh Google yang menangguhkan bisnis dengan Huawei. Lantas, apa yang terjadi bila Google menangguhkan bisnis dengan Huawei?

Hal pertama yang terjadi adalah para pengguna Huawei di luar China tak akan mendapatkan pembaharuan sistem operasi Google termasuk aplikasi bawaannya seperti Google Play Store dan Gmail.
Huawei masih bisa mengakses versi open source Android. Namun, Google tidak akan memberikan dukungan teknis untuk versi lisensi open source dari Android atau layanan Google juga tidak akan berpartisipasi dalam usaha patungan atau kemitraan di masa depan.


Menurut sumber, Google masih mengerjakan spesifik tentang layanannya dan detail lainnya seperti yang akan terus disediakan atau dihentikannya.

Pengguna Huawei di China tidak akan terdampak pada kebijakan ini. Keputusan ini akan merugikan Huawei. Pasalnya, berdasarkan riset Canalys, penjualan global Huawei mengalami kenaikan dan menggeser Apple dari posisi kedua.

Riset ini menunjukkan penjualan kuartal 1 2019. Mungkin dengan adanya penangguhan bisnis dengan Google, cita-cita Huawei menjadi nomor 1 harus tertunda. (age/age)