Dealer Mobil di Wahid Hasyim Kena Dampak Aksi 22 Mei

fea, CNN Indonesia | Rabu, 22/05/2019 18:33 WIB
Dealer Mobil di Wahid Hasyim Kena Dampak Aksi 22 Mei Dealer Toyota Auto 2000 Wahid Hasyim. (Foto: auto2000.co.id)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu cabang dealer ToyotaAuto2000 Wahid Hasyim, yang berada di Jalan Wahid Hasyim No. 164, Jakarta Pusat terkena dampak aksi 22 Mei. Menurut pengakuan Chief Operation Auto2000 Ivan Petrus Sadik pihaknya telah melakukan tindakan antisipasi buat mengatasi potensi risiko negatif.

Auto200 Wahid Hasyim cuma berjarak 350 m dari salah satu target aksi 22 Mei yakni gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jalan MH Thamrin No. 14, Jakarta Pusat. Pihak kepolisian dan massa yang menolak hasil Pemilihan Umum 2019 telah berulang kali bentrok di sekitar lokasi.

"Dealer itu tetap beroperasi, tetapi pengamanannya ditambah. (Karyawan) yang perempuan tadi sudah pulang jam 12, yang laki-laki tetap pulang seperti biasa (pukul 17.00). Kalau sampai keadaannya mengkhawatirkan mereka harus menginap di kantor," ucap Ivan saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (22/5).



Ivan menjelaskan satuan pengamanan Auto200 Wahid Hasyim digandakan. Dia mengatakan antisipasi dari aparat di lapangan cukup bagus, jadi situasi bisa ditangani dengan baik.

Sejauh ini menurut Ivan belum ada kerusakan fisik yang dialami Auto200 Wahid Hasyim.

Tidak Ada Konsumen Seharian

Selain mempengaruhi operasional, Ivan juga menyebut hari ini tidak ada satupun pengunjung yang mendatangi Auto200 Wahid Hasyim. Hal itu disayangkan sebab performa Auto2000 secara keseluruhan dikatakan sedang meningkat.

"Sebenarnya ini kan situasi pasar lagi naik dibanding bulan lalu karena mau Lebaran. Sampai kemarin itu penjualan kami (seluruh dealer Auto2000) naik 36 persen. Kalau hari ini mungkin orang ngerem beli mobil. Konsumen enggak ada yang datang sama sekali, di Slipi juga," ujar Ivan.

Ivan menyebut Auto2000 Slipi yang terletak di Jalan Letjen S. Parman Kav. N4, Slipi, Jakarta Barat juga kena imbas aksi 22 Mei.

"Kepala cabang yang di Slipi kena gas air mata, karena kan dekat sekali dengan yang dibakar-bakar, di sana juga banyak sekali polisi," ucap Ivan.

Seperti diketahui pada sore ini massa aksi 22 Mei dan kepolisian juga bentrok di kawasan Slipi. Akibat kericuhan kedua arah di tol dalam kota yang berada di bawah Jembatan Slipi sempat ditutup.

Executive General Manager Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto mengatakan konsumen 'walk in' pasti terpengaruh dengan kondisi saat ini, terutama pada dealer-dealer yang berdekatan dengan area demonstrasi.

"Tapi pengiriman kendaraan tetap kami lakukan untuk memastikan customer bisa mendapatkan kendaraannya, apalagi menjelang Lebaran seperti ini," ujar Soerjopranoto. (fea/mik)