Suzuki Katana ke Jakarta Saat Aksi 22 Mei

Antara,, CNN Indonesia | Rabu, 22/05/2019 20:27 WIB
Suzuki Katana ke Jakarta Saat Aksi 22 Mei Suzuki Katana di Jakarta Fair 2019, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. (Foto: Detikcom/DetikOto/Ruly Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aksi demonstrasi Jakarta hari ini, Rabu (22/5) tidak menghalangi niat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda dua menampilkan motor Katana arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) di Jakarta Jakarta Fair 2019, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Seolah tak terganggu aksi demo 22 Mei, Suzuki justru menghadirkan motor legendaris dengan wajah baru. Katana sempat diproduksi pada 1981 dan proyeknya dihentikan pada 2006.

Katana yang dipamerkan pada PRJ itu tidak memiliki perbedaan dibanding produk serupa yang diperkenalkan di EICMA, Intermot, atau negara lainnya. Desain motor Suzuki Katana itu hampir memiliki kemiripan dengan GSX1100S, tapi dengan sentuhan modern yang jauh dari motor tua.


Namun, beberapa ciri khas seperti lampu depan belakang kotak masih dipertahankan. Kemudian, half fairing-nya yang meruncing jadi ciri khas yang unik.

Motor tersebut menggendong mesin 999 cc 4 silinder segaris yang basisnya dari Suzuki GSX-R1000. Mesin itu dapat meletupkan tenaga hingga 150 tenaga kuda dan torsi 108 Nm.

Mesin superbike dipasang di rangka yang diklaim ringan dan dipadu dengan kaki-kaki suspensi depan terbaru. Dibanding generasi sebelumnya yang berbasis GSX1100R, Katana generasi terbaru lebih ringan 35 kg.

Suzuki mengklaim kendaraan dengan desain maskulin berwarna hitam itu akan menyedot perhatian pengunjung selama PRJ mulai 22 Mei sampai 22 Juni.

Seorang tenaga penjual Suzuki mengatakan kehadiran Katana terbaru itu sebatas untuk dipamerkan dan bukan untuk dijual.

"Kami tidak menjual Katana terbaru. Hanya sebatas untuk dipajang saja karena antusias penggemar motor itu cukup banyak di Indonesia," kata tenaga penjual Suzuki mengutip Antara. (mik)