Kenangan Ustaz Arifin Ilham Dakwah Naik 'Mobil Garuk Tanah'

mik, CNN Indonesia | Kamis, 23/05/2019 14:11 WIB
Kenangan Ustaz Arifin Ilham Dakwah Naik 'Mobil Garuk Tanah' Ustaz Arifin Ilham tutup usia pada Rabu (22/5/2019) malam sekitar pukul 22.40 WIB. (Foto: Detikcom/Hasan Al Habshy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ustaz Arifin Ilham tutup usia pada Rabu (22/5/2019) malam sekitar pukul 22.40 WIB. Beliau menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit di Penang, Malaysia karena menderita sakit kanker getah bening stadium 4A.

Semasa hidupnya Almarhum cukup dekat dengan kalangan penggemar otomotif. Sebab Ia kerap mengajak kebaikan sesama umat muslim untuk zikir bersama di suatu tempat.

Pendiri yayasan pesantren Az-Zikra itu sangat menggemari mengikuti kegiatan siar agama atau dakwah ke pelosok. Untuk menunjang kegiatannya menjangkau lokasi yang kondisi jalannya rusak, Ustaz Arifin Ilham disebut harus menggunakan kendaraan mumpuni. Kendaraan yang dimaksud yaitu Komodo.



Aktivitas itu terekam dalam sebuah foto yang diunggah akun facebook Presiden Direktur PT Fin Komodo Teknologi Ibnu Susilo. Menurut Ibnu, foto Ustaz Arifin Ilham menumpangi Komodo terjadi Magetan, Jawa Timur beberapa tahun silam saat Ustad Arifin mengunjungi Pondok Pesantren Temboro Al Fatah.

"Foto itu diabadikan oleh teman saya pada 2014. Ustaz Arifin Ilham bersama Almarhum Kyai Haji Abdulloh, pemilik Pondok Pesantren Temboro Al Fatah," kata Ibnu kepada CNNIndonesia.com Kamis (23/5).

Ibnu menambahkan, Ustaz Arifin menjadi penumpang Komodo generasi keempat yang dilengkapi mesin kapasitas 250 cc. Kendaraan yang dimiliki Pondok Pesantren Temboro Al Fatah memiliki spesifikasi standar keluaran pabrik.

Komodo dilengkapi ban 'pacul' dan suspensi independen untuk menopang geraknya di jalan rusak dan berlumpur. Kendaraan ini cuma dilengkapi dua kursi yang telah didesain untuk menyesuaikan peruntukannya.

"Pemilik pesantren, Kyai Haji Abdulloh beli Komodo sejak generasi pertama sampai generasi kelima Komodo. Dan mobil yang mereka kendarai harganya Rp70 juta," ucap Ibnu. (mik)


ARTIKEL TERKAIT