GIIAS 2019

Model Baru 7 Penumpang Audi dan VW Bakal Meluncur di GIIAS

Febri Ardani, CNN Indonesia | Jumat, 24/05/2019 00:56 WIB
Model Baru 7 Penumpang Audi dan VW Bakal Meluncur di GIIAS Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Michael Dalder)
Jakarta, CNN Indonesia -- Garuda Mataram Motor (GMM), pemegang merek Audi dan Volkswagen di Indonesia berencana meluncurkan dua model baru di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan digelar pada 18-28 Juli 2019.

Kedua model itu adalah SUV Audi Q8 dan SUV VW Tiguan Allspace. Keduanya merupakan model dengan tujuh jok penumpang.

"Jadi mungkin itu nanti unit yang akan kami luncurkan di GIIAS 2019," ucap Chief Operating Officer GMM Jonas Chendana di Jakarta, Kamis (23/5).


Q8 merupakan SUV terbesar Audi. Mobil yang punya kapasitas tujuh penumpang ini berukuran nyaris 5 m, lebar 2 m, dan tinggi 1,71 m.

Sistem gerak empat roda khas Audi, quattro, merupakan spesifikasi standar berikut juga dengan teknologi mild hybrid. Sementara untuk pilihan mesin yakni V6 3.000cc yang menghasilkan tenaga 340 tenaga kuda dan torsi 500 Nm.

Jonas mengatakan pada tahun lalu konsumen VVIP sudah dikabarkan soal rencana peluncuran Q8. Menurut dia hampir 10 orang sudah menyatakan mau memesan.

Jonas belum bisa menjawab harga resmi Q8, namun dikatakan 'tidak terlalu beda jauh' dari Q7 yang saat ini dilego Rp2,43 miliar.

Tiguan 7 Penumpang

Tiguan Allspace yang didesain berdasarkan platform MQB (modular transverse matrix) menjadi model generasi kedua dengan jarak sumbu roda lebih panjang 77 mm dibanding generasi pertama. Kelebihan spesifikasi itu dirancang mendukung kemampuannya mengangkut tujuh penumpang sekaligus.

Model ini menggendong mesin 1.400cc TSI bertenaga 150 tenaga kuda dan torsi 250 Nm. Pilihan transmisi yang tersedia yaitu otomatis 6-percepatan kopling ganda plus triptonic.

Jonas menyebut Tiguan Allspace hadir buat menggantikan model generasi kedua Tiguan lima penumpang yang selama ini sudah ditawarkan di dalam negeri.

"Nanti akan discontinue yang Tiguan sekarang. Masih ada unitnya NIK 2018 dan 2019, akan discontinue setelah yang itu (Tiguan Allspace) keluar," tutup Jonas. (fea/mik)