MPV dan SUV Bekas yang Dicari Jelang Lebaran

ray, CNN Indonesia | Jumat, 24/05/2019 17:26 WIB
MPV dan SUV Bekas yang Dicari Jelang Lebaran Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kendaraan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV) bekas semakin dicari masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Berdasarkan situs jual beli online mobil bekas OLX terjadi peningkatan permintaan MPV dan SUV bekas produksi 2000an sejak satu bulan menjelang musim mudik lebaran.

"Kami memantau adanya kenaikan suplai untuk mobil-mobil segmen MPV dan SUV, sepanjang bulan Ramadan ini jika dibandingkan dengan periode yang sama, tahun lalu," kata Head of Automotive Category OLX Indonesia Ivo Wassenaar melalui keterangan tertulis, Jumat (24/5).

Menurutnya kenaikan permintaan mobil bekas kategori MPV dan SUV bekas terlihat pada iklan baris OLX dan permintaan konsumen jelang lebaran.


Merek mobil yang menjadi favorit antaranya Toyota Kijang, Honda CR-V, Daihatsu Espass, Suzuki APV, Nissan Grand Livina dan Innova dengan kisaran harga Rp40 juta sampai Rp90an juta.

Di kelas MPV bekas, data OLX menyebutkan bahwa Innova bekas masih menjadi mobil dengan suplai tertinggi. Mobil keluarga ini mengalami kenaikan sebanyak 11 persen sepanjang bulan Ramadan atau dari 1.820 menjadi 2.010 unit.

Sementara di kelas SUV bekas, suplai terbanyak didominasi oleh CR-V. Kenaikannya juga mencapai 11 persen yaitu dari 440 unit menjadi 490 unit. Sedangkan Grand Livina dengan suplai sampai 2.970 unit. Berbeda dengan Innova dan CR-V, Grand Livina justru mengalami penurunan sebesar dua persen.

Segmen SUV bekas pada kisaran harga yang sama, yaitu X-Trail mengalami kenaikan suplai sebesar 12 persen dari 720 unit menjadi 820 unit.

Sementara itu merek mobil yang mengalami kenaikan permintaan dibandingkan Ramadan tahun lalu, yakni Daihatsu Espass sebesar 21 persen, Mitsubishi Kuda 19 persen, Suzuki APV 10 persen, Ford Escape 37 persen, Suzuki Grand Escudo 15 persen, Honda Odyssey 10 persen, dan Chevrolet Captiva 17 persen.

Data tersebut membuktikan bahwa masyarakat sedang mencari moda transportasi yang nyaman dan harga terjangkau digunakan bersama keluarga untuk mudik, atau sekadar berwisata saat lebaran tiba.

"Kami juga memberikan pilihan harga yang variatif bagi calon pembeli. Dengan demikian, mereka dapat menyesuaikan dengan budget yang tersedia," tutup Ivo. (ryh/mik)