100 Juta Pengguna Aktif Mainkan PUBG di Seluruh Dunia

CNN Indonesia | Jumat, 24/05/2019 20:40 WIB
100 Juta Pengguna Aktif Mainkan PUBG di Seluruh Dunia Ilustrasi (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) menyebut telah memiliki 100 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Dari seluruh pengguna aktif ini, Indonesia menjadi negara dengan pengguna bulanan kedua terbesar gim tersebut.

"Kami telah melewati jumlah pengguna bulanan 100 juta pengguna. Indonesia nomor dua pengguna terbesar di dunia," kata Marketing Director of SEA PUBG Director of SEA PUBG Mobile Oliver Ye saat jumpa pers di Hotel Shangri-La, Jakarta Selatan, Jumat (24/5).

Lebih lanjut Oliver mengatakan Indonesia menjadi pasar yang penting bagi PUBG. Oleh karena itu fitur, aksesoris, berbau Indonesia dihadirkan dalam gim.


"Indonesia jadi pasar yang besar bagi kami. Kami jatuh cinta dengan negara ini. Kami adakan konten lokal dan acara e-Sport," kata Oliver.

Aksesori seperti topeng Ondel-Ondel, dan baju khas adat Betawi (Pangsi) hingga kaos Barong, kemeja Batik bisa digunakan untuk bertempur di PUBG. Bahkan PUBG juga membawa event-event seperti 'Glory of Ramadan' atau 'Semangat 45' untuk memberikan kearifan lokal.

"Lokalisasi ini kami buat seri Batik, paket semangat 45. Kami ingin memperkenalkan budaya lokal Indonesia ke dunia," kata Oliver.

PUBG Mobile menggelar acara kompetisi dengan melibatkan pemain di lebih dari 220 kota. Turnamen yang disaksikan lebih dari 23 juta penonton itu dilakukan secara offline baik dari tingkat amatir, profesional, hingga taraf internasional.

Oliver juga mengatakan Indonesia resmi jadi tuan rumah babak final ajang eSport PUBG Mobile Club Open (PMCO) 2019. Babak final akan diselenggarakan pada 22 Juni 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE).

Penyelenggara menyebut ada 20 ribu peserta dan kurang lebih 5 ribu tim di Indonesia yang mendaftar ke kompetisi ini sejak Maret lalu. Sudah ada lima tim yang mewakili Indonesia di tingkat Asia Tenggara yang diselenggarakan di Shanghai.

Dari tingkat Asia Tenggara akan tersisa 16 tim yang akan mewakili 10 wilayah besar untuk bertarung di babak Global Final. Wilayah tersebut mencakup, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia Tengah, India, China, Jepang, Korea, Asia Tenggara dan Asian Wild. Seluruh tim akan berkompetisi untuk meraih gelar juara terbaik PUBG Mobile Club Open 2019. (jnp/eks)