Asosiasi Wifi dan Kartu Memori 'Depak' Huawei

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 29/05/2019 05:01 WIB
Asosiasi Wifi dan Kartu Memori 'Depak' Huawei Ilustrasi. (REUTERS/Aly Song)
Jakarta, CNN Indonesia -- Larangan administrasi pemerintah Amerika Serikat terhadap perusahaan teknologi asal China, Huawei semakin berdampak luas. Dilansir dari CNET, pekan lalu dua organisasi standar teknologi memutuskan hubungan dengan Huawei. Dua organisasi tersebut adalah Wi-fi Alliance dan Asosiasi SD.

Wi-fi Alliance mengungkap telah melakukan pembatasan sementara terhadap Huawei dari organisasi. Sementara Asosiasi SD justru mengeluarkan Huawei dari organisasi.

Wi-Fi Alliance merupakan asosiasi yang mempromosikan dan mengesahkan teknologi Wi-Fi. Sedangkan, Asosiasi SD menetapkan standar industri untuk kartu memori SD, yang digunakan dalam telepon, kamera digital dan perangkat lainnya.
Huawei masih akan dapat menggunakan teknologi ini, tetapi tidak akan lagi memiliki suara dalam pengembangan standar di masa depan. Asosiasi SD menjelaskan dalam sebuah email bahwa mereka melakukan hal tersebut karena mematuhi perintah Departemen Perdagangan AS.


Huawei telah dirundung selama bertahun-tahun oleh tuduhan bahwa ia berafiliasi dengan pemerintah China. Situasi meningkat pada 15 Mei ketika Presiden Donald Trump menandatangani perintah keamanan nasional yang secara efektif melarang Huawei.

Pengecer, pembuat chip dan Google, pemilik sistem operasi Android yang digunakan di ponsel Huawei, telah memutuskan hubungan mereka dengan perusahaan selama seminggu terakhir. (age)