Ngabuburit Cuci Mata Lihat Motor Rossi di Kemayoran

ray, CNN Indonesia | Selasa, 28/05/2019 15:39 WIB
Ngabuburit Cuci Mata Lihat Motor Rossi di Kemayoran Motor ini dipajang di area ‘Monster Energy’ stan Yamaha Indonesia Jakarta Fair Kemayoran 2019 berlangsung di JIExpo, Kemayoran mulai 22 Mei-30 Juni. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kuda besi milik legenda balap MotoGP Yamaha, Valentino Rossi, YZR M-1 diboyong ke Jakarta Fair Kemayoran 2019. Motor ini dipajang di area 'Monster Energy' stand Yamaha Indonesia pada pameran yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran mulai 22 Mei-30 Juni.

Motor dengan jubah livery Yamaha MotoGP terbaru tersebut berdiri di dekat lima model baru Yamaha yang kini mempunyai grafis M1 MotoGP 2019. Oleh Yamaha, motor berkelir hitam dan biru itu dikeliling pita dan dijaga beberapa orang untuk menjaga tangan jahil.

Namun, jangan berpikir motor sport ini adalah motor balap yang ditunggangi Rossi di kasta teratas balap MotoGP. Pihak Yamaha menyebut bahwa motor tersebut hanya replikanya, di mana secara garis dibuat mirip dengan motor asli Rossi di lintasan balap.


Motor ini dipajang di area ‘Monster Energy’ stand Yamaha Indonesia pada pameran yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran mulai 22 Mei-30 Juni.Motor ini dipajang di area 'Monster Energy' stan Yamaha Indonesia Jakarta Fair Kemayoran 2019 berlangsung di JIExpo, Kemayoran mulai 22 Mei-30 Juni. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Pihak Yamaha tidak menjelaskan detil spesifikasi motor ini apakah sama juga dengan yang asli. Hanya saja bisa dipastikan bahwa replika motor tersebut didatangkan langsung dari Jepang.

Jika menilik spesifikasi M-1 yang menjadi tunggangan The Doctor dibekali mesin 1.000 cc berpendingin cairan, empat silinder. Mesin tersebut berpadu dengan transmisi manual enam percepatan tipe gearbox.

Data teknis menyebut bahwa mesin tersebut bisa menyemburkan daya 240 tenaga kuda. Sedangkan untuk electronic control unit (ECU), Yamaha menggandeng Magneti Marelli. ECU itu sudah sesuai dengan regulasi FIM.

Motor menyuguhkan livery Yamaha MotoGP untuk musim 2019.Motor menyuguhkan livery Yamaha MotoGP untuk musim 2019. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
M-1 diketahui menggunakan sasis berbahan dasar aluminium twin tube. Swingarm-nya juga dirancang dengan material yang sama, yakni aluminium. Rangka itu pun dikaitkan dengan suspensi depan jenis upside down Ohlins dan belakangnya juga menggunakan peredam dengan merek yang sama.

Motor ini menggunakan pelek Forged Magnesium berukuran 17 inci untuk depan dan belakang yang dibenamkan memakai ban buatan Michelin. Untuk menghalau laju M-1 di lintasan, Yamaha mengandalkan Brembo untuk memasok peranti pada sistem pengereman. Adapun berat total M-1 157 kg. (ryh/mik)