Tandingi Qualcomm, MediaTek Perkenalkan Cip 5G

CNN Indonesia
Kamis, 30 May 2019 03:02 WIB
MediaTek mengumumkan kemunculan cip 5G untuk menghalau kompetitor pembuat cip asal AS, Qualcomm. MediaTek memperkenalkan cip 5G. (Foto: mediatek.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- MediaTek mengumumkan kemunculan cip 5G untuk menghalau kompetitor pembuat cip asal AS, Qualcomm. Kemunculan cip 5G pertama MediaTek menjanjikan performa ponsel lebih bertenaga dibandingkan cip buatan Qualcomm.

Cip itu menggabungkan sejumlah modem dengan teknologi inti prosesor terbaru dari Arm Holdings milik Softbank Group Corp.

Mengutip Reuters, langkah MediaTek dalam membangun prosesor berkekuatan tinggi serta komputasi inti seperti teknologi kecerdasan buatan, perusahaan berupaya untuk menantang dominasi pasar Qualcomm.


Perusahaan cip asal Taiwan ini akan menjegal kompetitor lainnya yakni Huawei dan Samsung yang tengah mengembangkan cip 5G untuk memasok ponsel pintar mereka.

Direktur seninor MediaTek, Russ Mestechkin mengatakan kepada Reuters bahwa perusahaannya yakin cip 5G buatan mereka dapat bersaing di pasar ponsel yang dirancang untuk bekerja pada jaringan teknologi sub-6 seperti Sprint Corp dan T-Mobile Inc di Amerika Serikat.

Sementara Intel dikabarkan keluar dari bisnis modem 5G usai dicampakkan Apple. Alih-alih bekerja sama dengan Intel, Apple diketahui justru menandatangani kesepakatan denan Qualcomm pada April lalu untuk memasok iPhone.

MediaTek sendiri dikenal sebagai pemasok cip yang ada di perangkat speaker pintar seperti Echo milik Amazon dan membuat cip untuk perangkat ponsel Android harga murah. Sedangkan Qualcomm dikenal sebagai pembuat cip bertenaga tinggi ke ponsel Android yang lebih mahal seperti Google Pixel. (din/evn)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER