Grab Buat Sekolah Pelatihan bagi Pengemudi

CNN Indonesia | Jumat, 31/05/2019 09:40 WIB
Grab Buat Sekolah Pelatihan bagi Pengemudi Ilustrasi (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab memperkenalkan program pelatihan terbaru yaitu GrabAcademy untuk meningkatkan pengetahuan mitra pengemudi transportasi online, serta membuka fasilitas pelatihan dan pengembangan yakni Grab Excellence Center (GEC) untuk mitra pengemudi GrabCar di Cilandak, Jakarta Selatan.

"Untuk memberikan mitra pengemudi lebih banyak peluang dalam mendapatkan penghasilan, mendukung mereka dengan fasilitas yang lebih banyak, mengembangkan diri mereka, dan untuk memastikan mereka memiliki pengalaman yang menyenangkan bersama Grab, fasilitas pelatihan dan kurikulum merupakan beberapa langkah kami untuk mencapai hal tersebut," kata Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata saat meresmikan Grab Excellence Center di Jakarta, Rabu (29/5).

Head of Driver Community Management Bobby Silalahi mengatakan Grab Excellence Center (GEC) menjadi rumah kedua bagi para mitra pengemudi GrabCar, di mana mereka dapat mempelajari keterampilan baru, berkonsultasi dengan perwakilan dari Grab terkait penghasilan dan kesejahteraan serta bersosialisasi dengan sesama mitra pengemudi.


Bobby menyebut kantor GEC memiliki 7 kelas pelatihan, satu ruangan serbaguna, klinik, zona e-learning, dan simulasi berkendara menggunakan mobil dengan teknologi virtual.

Menyoal mekanisme pelatihan yang akan diberikan kepada mitra pengemudinya, Bobby mengatakan pelatihan dilaksanakan pada hari Senin sampai Jumat dan pengemudi dapat memilih jam yang telah ditentukan.

"Kelasnya macam-macam, tapi per kelas paling cuma satu jam setengah sudah selesai. Refreshment training terus sepanjang tahun, kurang lebih tiga kali dan penyampaiannya training berkembang sesuai tingkat," jelasnya.

Selain itu, Grab juga menargetkan bakal membuka Grab Excellence Center di kota-kota besar selain Jakarta seperti Surabaya, Medan, Bandung, dan Yogyakarta.

Tak hanya meresmikan Grab Excellence Center, Grab juga memperkenalkan sejumlah program yang diperuntukan untuk para mitra pengemudinya.

Ada empat program yang ditawarkan, pertama Discover Hub. Program ini dapat membantu paa pengemudi menemukan cara untuk mendapatkan penghasilan dan menghemat lebih banyak, serta berkendara lebih baik. Hal ini memungkinkan pengemudi untuk menemukan peluang penghasilan baru di luar mengemudi.

Kedua, GrabBenefits. Mitra pengemudi GrabBike di Indonesia bakal mendapat sejumlah tawaran seperti paket data khusus dari Telkomsel, diskon bahan bakar dari Shell, diskon pemeriksaan kesehatan dari Prodia dan diskon lainnya.

Ketiga, Rangkuman Penghasilan. Grab mengatakan telah meningkatkan tampilan dan wawasan yang lebih baik kepada para pengemudi terkait penghasilan mereka. Selain itu, mereka juga dapat melihat penghasilan harian dan mingguan, dengan rincian yang menunjukkan penghasilan dari tarif, insentif dan tip, serta potongan untuk komisi.

Terakhir, Profil Pengemudi. Pengemudi dapat melihat komentar positif dan pujian yang mereka peroleh dari penumpang mereka dan ruang perbaikan. (din/eks)