Avion, Alat Bantu Dengar Pengemudi Tuli

ray, CNN Indonesia | Jumat, 31/05/2019 10:13 WIB
Avion, Alat Bantu Dengar Pengemudi Tuli Iustrasi. (Foto: Istockphoto/jacoblund)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menciptakan alat bantu dengar untuk pengemudi tuli.

Tim yang beranggotakan Muhammad Firman Nuruddin, Mochammad Ronny Ardianto, dan Riamizar Surya Baihaqi bahkan berhasil meraih juara pertama lomba Bandung Datathon 2019 yang diadakan Pemerintah Kota Bandung dan City of Melbourne pada 17 Mei.

Karya mahasiswa tersebut dinamakan Avion atau audio to vibration. Temuan mereka dipercaya akan memberi manfaat bagi pengemudi orang yang mengalami masalah pada pendengarannya.


"Karya kami berupa alat bantu berkendara untuk pengendara tunarungu dengan konsep dasar mengubah bunyi klakson kendaraan menjadi getaran," kata Ronny, mengutip keterangan tertulisnya Jumat (31/5).

Ronny mengatakan bahwa inspirasi awal membuat alat tersebut berasal dari salah satu keluarganya yang menderita tuli.

"Inspirasi awal (Avion) berasal dari salah satu keluarga yang mengalami tunarungu dan pernah terkena tilang karena tidak (mampu) mendengar klakson," ucap Ronny.

Alat canggih itu dikemas dalam bentuk smart watch yang mampu mengkonversi bunyi klakson dari kendaraan. Bunyi yang diterima alat akan berbentuk getaran bagi si pemakai.

Ronny mengatakan dalam hal berkendara harapan mereka bahwa hal ini menjadi salah satu solusi keamanan berlalu lintas untuk penyandang tunarungu yang memiliki keterbatasan. (ryh/mik)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA