5 Aplikasi 'Wajib' Pemudik untuk Pulang Kampung

CNN Indonesia | Selasa, 04/06/2019 07:29 WIB
5 Aplikasi 'Wajib' Pemudik untuk Pulang Kampung Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Sebagian masyarakat ada yang memilih menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum untuk menuju ke kampung halaman, demi melepas rindu bersama sanak saudara.

Guna mengetahui informasi seputar mudik, berikut lima aplikasi yang wajib diunduh sebelum melaksanakan mudik seperti aplikasi rute jalan, informasi perkiraan cuaca hingga informasi jaminan kesehatan:

1. NTMC Mudik


NTMC Mudik dikembangkan oleh Korlantas Mabes Polri guna mempermudah pemudik dalam perjalanan mudik lebaran 2019.

Di dalam aplikasi ini, terdapat sejumlah informasi yang dapat diakses seperti rute jalan,  peta mudik, informasi publik, Jasa Marga hingga Jasa Raharja.

Fitur informasi publik itu berisi nomor telepon jalan tol, pelabuhan, bandara, polisi, jalur rawan macet dan kecelakaan serta longsor hingga rumah makan.



2. JasamargaLive


Aplikasi yang dibuat oleh PT Jasamarga (Persero) ini menyediakan sejumlah fitur yaitu streaming CCTV, informasi lalu lintas, dan peta kemacetan. Pada fitur streaming cctv, pemudik dapat melihat kondisi jalan secara langsung sehingga memudahkan untuk menentukan jalan yang ingin dilewati.

Pemudik dapat memilih sejumlah ruas jalan tol seperti tol Belmera, Cipularang, Dalam Kota Jakarta, dan Jagorawi.

Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)


3. Waze

Waze merupakan aplikasi rute jalan populer selain Google Map yang telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di Play Store.

Aplikasi ini tak hanya menyediakan informasi soal rute jalan hingga kemacetan namun pemudik bakal dimanjakan dengan fitur Open Music yang berisi kumpulan lagu dan podcast saat mengalami kemacetan.


4. Info BMKG

Selain aplikasi soal rute jalan yang wajib diunduh pemudik, informasi soal ramalan cuaca juga penting guna mengantisipasi ucaca yang tidak menentu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengembangkan aplikasi yang memiliki sejumlah fitur seperti prakiraan cuaca, gempa bumi, peta iklim, kualitas udara, cuaca jalur mudik, peringatan dini cuaca hingga siaran pers BMKG.

Khusus fitur cuaca jalur mudik, BMKG menyediakan informasi terkait prakiraan cuaca yang terjadi di daerah-daerah yang dilewati pemudik disertai dengan trafik lalu lintas.

5. Mudik BPJS Kesehatan

Melalui aplikasi ini, pemudik dapat mengakses beragam informasi seputar Posko Mudik BPJS Kesehatan yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Selain itu, BPJS Kesehatan juga menyediakan informasi terkait letak fasilitas kesehatan terdekat.

Pada aplikasi Mudik BPJS Kesehatan, terdapat enam fitur penting yaitu Telepon Penting, berisi informasi daftar telepon yang dibutuhkan oleh anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan masyarakat umum saat mudik.

Kedua, kantor BPJS Kesehatan yang berisi informasi alamat dan nomor telepon kantor pusat BPJS, kantor divisi regional hingga kantor cabang di seluruh Indonesia.


Ketiga, fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan. Pemudik yang telah terdaftar sebagai anggota JKN dapat mengakses lokasi kesehatan terdekat sehingga pemudik dapat langsung menuju lokasi faskes itu berdasarkan petunjuk yang diarahkan oleh aplikasi.

Keempat, Tanya Jawab BPJS Kesehatan, berisi pertanyaan umum yang disering ditanyakan oleh anggota JKN. Lalu, tips BPJS Kesehatan terkait tips-tips penting yang sangat bermanfaat saat melakukan mudik lebaran.

Terakhir, info BPJS Kesehatan yang dikemas seperti sebuah majalah yang di dalamnya berisi informasi tentang BPJS Kesehatan. (din/asa)