Apple Rilis Mac Pro Terbaru Mulai Harga Rp85 Juta

tim, CNN Indonesia | Selasa, 04/06/2019 09:40 WIB
Apple Rilis Mac Pro Terbaru Mulai Harga Rp85 Juta Apple akan merilis Mac Pro terbaru dengan prosesor intel xeon bertanaga 28 core. Komputer desktop tersebut akan dijual dengan harga mulai Rp85 Juta.(REUTERS/Mason Trinca)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah mengakui bahwa Mac Pro 2013 adalah sebuah kesalahan, Apple telah lama menjanjikan pembaruan berikutnya dari komputer personal (PC) desktop profesional mereka kembali ke model standar.

Dikutip dari The Verge, komputer Apple teranyar itu dirilis pada Senin (4/6) waktu Amerika Serikat (AS) dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2019.

Apple akan menjual Mac Pro baru ini mulai US$5.999 atau sekitar Rp85 juta di AS dengan prosesor intel xeon, 32 GB ram, grafis AMD WX 7100, dan memori 256GB. Mac Pro anyar ini akan tersedia untuk dipesan pada musim gugur.


Meskipun ini adalah desain baru, Mac Pro 2019 sebenarnya mundur dalam hal tampilan. Interior komputer tersebut terstruktur dengan model standar, tetapi lebih fleksibel, mengatasi salah satu masalah dari desain Mac Pro sebelumnya.


Prosesor intel xeon baru ditanamkan dalam Mac Pro hingga bertenaga 28 core dengan daya 300 watt dan mesin pendingin.

"Sehingga dapat berjalan tanpa kendala pada daya penuh setiap saat," jelas Apple.

Apple menyebut memori komputer tersebut dapat dimaksimalkan pada tingkat 1.5TB dengan enam saluran di 12 slot DIMM. Ada juga delapan slot PCI Express, dengan empat di antaranya memilik lebar ganda untuk mengakomodasi kartu ekspansi yang lebih besar.

Dua port USB-C / Thunderbolt 3 dan dua USB-A akan berada di bagian belakang sistem, dan dua port USB-C lainnya akan dapat diakses di dekat bagian depan atas. Itu setidaknya satu port USB-C lebih banyak daripada yang akan Anda temukan di sebagian besar sistem dan casing PC desktop hari ini.


Dengan Mac Pro ini, Apple meluncurkan modul ekspansi kustom yang disebutnya Modul MPX, mengambil keuntungan dari tulang punggung Thunderbolt 3 khusus yang dibangun Apple ke dalam motherboard untuk memberikan daya tambahan dan konektivitas berkecepatan tinggi ke komponen.

Modul MPX adalah kartu PCIe quad-lebar raksasa yang sesuai dengan dua kartu grafis, memiliki heat sink khusus, dan juga memiliki konektor Thunderbolt khusus untuk menghubungkan ke tulang punggung itu.

Apple juga akan menjual modul I / O yang menambahkan dua port Thunderbolt 3 tambahan, dua port USB-A dan jack audio 3,5mm, dan ada kartu edit video khusus "Afterburner" khusus yang menggunakan FPGA untuk memproses hingga 6 miliar piksel per detik.

Sementara dikutip dari Mac Rumors, desain baru Mac Pro ini mencakup kerangka baja stainless dengan gagang halus dan kerangka aluminium yang dapat terangkat untuk akses 360 derajat ke seluruh sistem. Rumah komputer ini juga memiliki pola kisi yang unik, yang disebut sebagai parutan keju, untuk memaksimalkan aliran udara dan pengoperasian yang senyap. (agi/agi)