Cara Cek CCTV Arus Mudik dari Ponsel

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 04/06/2019 14:33 WIB
Cara Cek CCTV Arus Mudik dari Ponsel Memantau arus mudik kini bisa lewat aplikasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jalur darat menjadi primadona bagi pemudik untuk sampai ke kampung halaman. Apalagi harga tiket pesawat terus melambung, membuat penggunaan kendaraan pribadi maupun angkutan umum darat meningkat. Penumpukan kendaraan pun diprediksi terjadi di beberapa titik.

Salah satu cara mengantisipasi atau menghindari kemacetan adalah memanfaatkan aplikasi yang bisa memantau arus mudik dan arus balik Lebaran 2019. CNNIndonesia.com telah merangkum beberapa aplikasi yang bisa membantu pemudik.


1. Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC)


RTTMC adalah aplikasi untuk mengakses CCTV dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kemenhub menyediakannya dalam versi desktop dan mobile. Versi desktop bisa diakses di situs RTTMC. Sementara versi mobile bisa diunduh di Google App Store maupun Play Store.

Salah satu fitur yang ditawarkan dalam RTTMC adalah Live CCTV. Ada banyak titik CCTV yang bisa diakses, mulai di jalur Utara, jalur Tengah, jalur Selatan, jalur Barat, maupun di terminal-terminal. Akses CCTV ini cukup mudah digunakan di ponsel.

Anda bisa mengakses versi desktop di tautan ini: https://rttmc.dephub.go.id/rttmc/m/page/cctv.


2. Jasa Marga Live

Aplikasi ini disediakan oleh Jasa Marga agar pemudik bisa memantau beberapa titik kepadatan kendaraan, seperti di persimpangan atau jalan tol. Pemantauan ini dilakukan secara langsung karena mengandalkan siaran langsung CCTV secara streaming.

Demi kemudahan pengguna, alat ini hadir dalam dua versi yakni desktop dan mobile. Beberapa fitur yang tersedia: CCTV streaming, informasi tarif tol, hingga informasi lalu lintas.

Jika ingin memantau melalui CCTV, Anda tinggal memilih fitur 'streaming' kemudian tentukan ruas tol yang ingin dipantau. Cakupan CCTV juga cukup luas. Beragam ruas tol di Pulau Jawa terpantau di sini. Jasa Marga Live bisa diunduh melalui Google App Store dan Play Store.


Anda bisa mengakses versi destop di tautan ini: https://jasamargalive.com/webjm3/mjm/index.php.

3. National Traffic Management Corporation (NTMC) Mudik

Aplikasi ini merupakan besutan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri yang bisa digunakan pemudik untuk memantau arus lalu-lintas melalui CCTV. Tak hanya siaran langsung CCTV, aplikasi juga menyediakan tampilan peta yang menginformasikan kepadatan lalu-lintas.

Fitur tampilan ini bekerja sama dengan Google Map dan Waze.

Aplikasi hanya memiliki versi mobile dan tidak tersedia dalam versi desktop. Sayangnya lagi, Anda hanya bisa mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store. NTMC Mudik belum tersedia untuk pengguna iOs. Pengguna Android bisa mengunduhnya di sini: https://play.google.com/store/apps/details?id=ntmc.traffic.korlantas.polri.


4. Maxstream

Aplikasi ini merupakan hasil kerja sama antara Telkomsel dengan Korlantas Polri. Maxstream menghadirkan pantauan keadaan jalur mudik melalui 50 CCTV Korlantas yang terletak di berbagai titik keramaian termasuk Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang dan lain-lain.

Selain itu, tersedia juga berbagai video edukasi dan informasi terkini tentang arus mudik 2019 serta akses call center NTMC Polri yang dapat dihubungi selama 24 jam.

Aplikasi ini ada di App Store maupun Google Play Store.


5. Jelajah Nusantara

Aplikasi Peta Jelajah Nusantara adalah hasil kerja sama antara Kementerian Perhubungan dengan XL Axiata. Aplikasi ini menghadirkan navigasi jalur mudik ke semua wilayah tujuan mudik di seluruh Indonesia. Peta navigasinya terhubung dengan aplikasi Google Maps.

Terdapat pula informasi keberadaan posko-posko di sepanjang jalur utama. Selain letaknya, pengguna juga bisa mengetahui nama dan nomor kontak petugas di setiap posko.

Selain itu, ada pula informasi pengaturan jalur lalu lintas, seperti jalur satu arah, ganjil genap, dan jalur alternatif. Aplikasi Peta Jelajah Nusantara juga dilengkapi informasi mengenai letak titik-titik rawan kecelakaan di jalur mudik. Pemudik bisa mendapatkan notifikasi apabila mendekati daerah titik rawan.


Aplikasi Peta Jelajah Nusantara ini dapat diunduh dari Google Play Store bagi para pengguna Android, namun belum tersedia di App Store untuk pengguna iOs. (jnp/rsa)