Amazon Siap Antar Barang Pakai Drone Beberapa Bulan Lagi

CNN Indonesia | Kamis, 06/06/2019 01:59 WIB
Amazon Siap Antar Barang Pakai Drone Beberapa Bulan Lagi Ilustrasi drone (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Jakarta, CNN Indonesia -- Amazon menyebut layanan pengantaran barang belanja online pada e-commerce miliknya bakal siap dalam beberapa bulan mendatang. Hal ini disampaikan Chief Executive Consumer Business Amazon, Rabu (5/6), pada konferensi Amazon re:MARS di Las Vegas.

Drone pengantar barang ini akan terbang dan mendarat secara vertikal sepert helikopter. Drone ini juga disebut lebih stabil dari model sebelummya. Selain itu, ia pun bisa mendeteksi gerakan objek lebih baik dari yang bisa dilihat manusia. Sehingga, menurut CEO Amazon Jeff Wilke, membuat drone ini aman digunakan.

Amazon sendiri mengirimkan barang bagi pelanggannya pertama kali pada 2016. Sejak saat itu, Amazon terus gembar-gembor soal pengiriman barang lewat drone ini. Mereka menjanjikan paket akan diantar hingga depan rumah pengguna menggunakan drone.


Tapi, berbagai kritik mewarnai isu pengiriman barang lewat drone. Amazon bekerja keras untuk memastikan bahwa drone mereka tidak akan menyangkut di kabel-kabel yang tidak terlihat. Belum lagi, mereka harus menaati aturan penerbangan komersil yang ketat di Amerika Serikat.

Wilke menjelaskan bahwa perusahaannya telah membuat drone yang sepenuhnya elektris. Benda ini bisa terbang hingga 24 kilometer. Area layanan pun diperkecil dan semakin dekat di area perkotaan. Drone pun hanya bisa membawabarangdengan berat dibawah 2,5 kilogram. Berat yang mewakiri sebagian besar produk yang dijual peritel online itu. (Reuters/eks)