Apple Rilis 'Dudukan Monitor' Seharga Sepeda Motor

tim, CNN Indonesia | Kamis, 06/06/2019 10:11 WIB
Apple Rilis 'Dudukan Monitor' Seharga Sepeda Motor Pro Stand Apple (Brittany Hosea-Small / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple tampaknya tak bisa jauh dari kontroversi apalagi jika berkaitan dengan peluncuran produk baru mereka. Baru-baru ini publik dibuat tercengang karena harga dudukan monitor nyaris sama dengan harga laptop.  

Dalam gelaran tahunan Worldwide Developer Conference di San Jose, California, AS minggu ini, Apple membeberkan koleksi produk terbaru mereka. Koleksi produk termasuk dudukan monitor, bernama Pro Stand senilai US$999 atau sekitar Rp14 juta.

Jika dibandingkan dengan harga barang lainnya, uang Rp14 juta ini bisa membeli sebuah sepeda motor di Indonesia.


"Pro Stand memiliki lengan yang dirancang secara rumit yang secara sempurna mengimbangi tampilan sehingga terasa hampir tanpa bobot, memungkinkan pengguna menyesuaikan posisi dengan mudah," tulis perusahaan dalam laman resmi mereka melansir dari CNN


Dudukan ini bisa digunakan oleh pemilik Mac Pro. Orang pun juga bisa sekaligus membeli produk Apple terbaru yakni desktop Mac Pro dengan harga mulai dari US$6ribu atau sekitar Rp85 juta dan sebuah monitor Pro Display XDR, sebuah layar LCD 32 inch 6K retina dengan harga US$4.999 atau sekitar Rp71 juta. 

Meski dipamerkan sebagai produk yang canggih, dudukan monitor ini menuai kehebohan di media sosial. Penggemar barang-barang elektronik mengejek harga dudukan monitor yang begitu mahal. Harga yang dibanderol dengan kegunaan aksesori ini jelas tak sebanding. 

"Pro Stand yang harganya lebih (mahal) dari kebanyakan laptop dan ponsel di luar ranah Apple adalah 'jari tengah' utama bagi setiap konsumen yang serius mempertimbangkan mesin mereka. Setiap perangkat baru yang dirilis Apple pada tahun lalu adalah 'barang yang mudah dibeli' tapi dengan imbalan tanpa fungsi baru," tulis Aidan Lynch, pengguna Twitter dalam akunnya @Aidan_T_Lynch. 



Pengguna Twitter lain turut berkicau tentang harga fenomenal berbagai produk besutan Apple ini. 

"Dudukan monitor Apple Mac Pro ini, saya ulangi dudukan, harganya US$999, biarkan itu tenggelam dalam sejenak," tulis akun @jomelmark. 


Apple telah mengembangkan reputasi untuk menaikkan harga produk tanpa harus menghambat penjualan. Kadang mereka menggunakan alasan praktis untuk menaikkan harga yakni komponen di dalamnya. 

Sementara itu, Apple juga mengumumkan fitur barunya mendatang yakni iOS 13 dan platform musik iTunes yang akan digantikan oleh aplikasi desktop bernama Music, TV dan Podcasts. Aplikasi pelacak siklus menstruasi juga akan disuntikkan ke Apple Watch. (els/chs)