Facebook Diklaim Luncurkan Uang Kripto pada 18 Juni

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 07/06/2019 11:48 WIB
Facebook Diklaim Luncurkan Uang Kripto pada 18 Juni Facebook sedang mempersiapkan peluncuran uang kripto yang diperkirakan bernama Libra. (REUTERS/Dado Ruvic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Facebook disebut telah menetapkan tanggal peluncuran uang kripto mereka yang dinamai Libra yaitu pada 18 Juni mendatang.

Berdasarkan keterangan sumber Tech Crunch, Facebook pada tanggal tersebut juga akan merilis dokumen resmi yang akan menjelaskan dasar-dasar uang kripto itu.

Facebook sendiri enggan berkomentar soal tanggal peluncuran proyek baru mereka ini, karena selalu ada peluang tanggalnya berubah, tergantung situasi terkait mitra mereka atau pemerintah.


Sementara itu, satu sumber lainnya mengatakan Facebook menargetkan peluncuran resmi uang kripto mereka pada 2020 mendatang.

Uang kripto Facebook ini bisa membuka era baru perdagangan online dan juga sistem pembayaran pada jaringan sosial tersebut.

Uang kripto itu bisa digunakan untuk pembayaran antar teman dengan biaya transfer yang rendah atau bahkan tanpa biaya sama sekali, atau oleh pekerja imigran yang acap kali kesulitan mengirimkan uang pada keluarga di negara asal karena ditolak layanan pengiriman uang.

Penggunaan uang kripto ini juga bisa membantu Facebook untuk meningkatkan layanan e-commerce atau memfasilitasi transaksi mikro, seperti untuk membeli akses membaca suatu artikel, atau memberikan tips untuk para pencipta konten.

Sementara itu, Facebook juga mendapatkan keuntungan tambahan berupa data penggunaan uang kripto pelanggan, atau mengumpulkan informasi soal merek-merek yang populer dalam jaringan sehingga mereka bisa mendistribusikan iklan dengan lebih baik.

Menurut informasi yang telah berkembang, Facebook juga ingin memiliki benda fisik yang bisa digunakan di ATM-ATM, sehingga para pengguna bisa menukarkan aset mereka untuk uang kripto tersebut.

The Information menyatakan Facebook memahami bahwa para pengguna belum tentu mempercayai perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg itu untuk mengelola uang kripto.

Karena itulah, Facebook saat ini sedang mencari mitra untuk membentuk yayasan yang akan mengelola peredaran uang tersebut.

Facebook disebut sedang menghubungi selusin lembaga keuangan dan perusahaan teknologi lainnya untuk menyumbangkan modal serta mengatur uang kripto mereka.

Pada Mei, Reuters melaporkan Facebook telah membentuk perusahaan fintech baru bernama Libra Networks -- dari sinilah asal mula dugaan uang kripto mereka bernama Libra.

Pada awal tahun ini, Facebook dilaporkan memiliki 2,3 miliar pengguna di seluruh dunia. (vws)


ARTIKEL TERKAIT