Medsos Dorong Trafik Data Telkomsel dan XL Naik Saat Lebaran

evn, CNN Indonesia | Selasa, 11/06/2019 10:21 WIB
Medsos Dorong Trafik Data Telkomsel dan XL Naik Saat Lebaran Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Operator seluler Telkomsel dan XL Axiata mencatat kenaikan trafik layanan data meningkat selama periode Lebaran 2019. Lonjakan akses data terjadi seiring dengan pergerakan pemudik dari kota besar ke sejumlah kota-kota kecil tujuan mudik.

Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data hingga 19,30 Petabyte pada H-1 Lebaran atau meningkat 12,3 persen dibandingkan hari-hari normal. Angka ini juga meningkat sekitar 49,8 persen dibandingkan Lebaran setahun silam. Lonjakan akses data tercatat terjadi pada pukul 00.00 hingga 06.00 atau saat waktu sahur.

Akses media sosial berkontribusi 30,4 persen pengakses layanan data. Disusul video streaming sebesar 28,7 persen, panggilan telepon dan video melalui aplikasi pesan instan sekitar 15,7 persen.


Jawa Tengah menjadi area dengan lonjakan trafik data tertinggi meningkat 44 persen dibandingkan hari normal. Disusul Jawa Barat dengan 31,2 persen dan Jawa Timur sebesar 26,9 persen.

Lonjakan akses data juga terjadi di sejumlah lokasi keramaian seperti exit tol Pejagan, SPBU Gentong Tasikmalaya, rumah makan Lestari Banjarnegara, bandara Adi Soemarmo, dan rest area Adiwerna KM 287 Tegal. Lonjakan serupa juga terjadi di lokasi tujuan wisata antara lain Pantai Tirtamaya Indaramayu, Pantai Santolo Garut, Rekreasi Kota Bunga Puncak, Rekreasi Pangandaran - Batu Keras dan Taman Wisata Linggarjati Kuningan.

"Kami juga telah memperluas layanan 4G LTE ke lebih 500 ibu kota/ kabupaten di mana 97 persen telah menjangkau ibu kota kecamatan, sehingga 93 persen populasi di Indonesia telah terlayani 4G," terang vice president corporate communication Telkomsel, Denny Abidin melalui keterangan resmi.

[Gambas:Video CNN]

Senada, direktur teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mencatat kenaikan trafik layanan data XL meningkat 24 persen pada periode H-1 hingga H+1 Lebaran dibandingkan hari biasa. Dibandingkan periode yang sama setahun silam, trafik layanan data Lebaran kali ini meningkat 57 persen.

Provinsi Jawa Barat dan Lampung menjadi wilayah dengan trafik data tertinggi selama periode lebaran dengan peningkatan sebesar 43 persen dan 38 persen hari biasa.

"Satu hal yang paling krusial dalam menyediakan layanan selama libur Lebaran setiap tahun adalah bagaimana kita bisa menyediakan layanan berkualitas, yang merupakan kombinasi antara jaringan dengan performa tinggi dan produk yang sesuai dengan kebutuhan," ungkap Yessie dalam keterangan tertulis.

XL mencatat akses data terhadap layanan ayanan pesan instan meningkat 48 persen, jejaring sosial meningkat 17 persen, streamig video meningkat 22 persen, dan akses gim daring meningkat 15 persen.

Peningkatan akses media sosial tertinggi ke layanan Instagram sebesar 35 persen. Disusul layanan navigasi dan peta digital Waze meningkat 93 persen, dan streaming musik Spotify sebesar 8 persen dan Netflix 77 persen.

Sama halnya dengan Telkomsel, XL mencatat lonjakan trafik secara signifikan terjadi di lokasi wisata naik 9 persen, pusat perbelanjaan 6 persen, bandara naik 5 persen, dan stasiun kereta naik rata-rata 12 persen.

Anak perusahaan Axiata ini mencatat perpindahan trafik meningkat di sejumlah kota tujuan mudik. Trafik layanan data di Jabodetabek menurun 8 persen, sementara Jawa Tengah dan DI Yogyakarta naik 10-25 persen, Jawa Barat naik 11-43 persen, Lampung naik 38 persen, dan Sumatera Selatan naik 15 persen.

Secara rinci, Jepara menjadi kota dengan trafik tertinggi meningkat 137 persen , selanjutnya Kota Kuningan naik 102 persen, dan Kabupaten Pemalang naik 83 persen Di wilayah Kalimantan, kota dengan trafik tertinggi adalah Kab. Kutai Kartanegara naik 79 persen, kota Tanah Laut naik sekitar 51 persen, diikuti Balikpapan setinggi 40 persen. Sementara di Sulawesi, Kab. Pinrang, naik sekitar 81 persen dan Kota Manado naik sekitar 16 persen dibandingkan hari-hari biasa. (evn/evn)