Jadwal Peneropongan Jupiter di Planetarium Jakarta

eks, CNN Indonesia | Senin, 10/06/2019 17:47 WIB
Jadwal Peneropongan Jupiter di Planetarium Jakarta Ilustrasi (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia -- Planetarium dan Observatorium Taman Ismail Marzuki Jakarta membuka jadwal peneropongan Jupiter dan Bulan untuk umum. Jadwal peneropongan gratis ini dimulai pukul 18.30-19.30 WIB. Berikut jadwal lengkap peneropongan Jupiter di Taman Ismail Marzuki Jakarta.

1. Senin, 10 Juni 2019
2. Selasa, 11 Juni 2019
3. Rabu, 12 Juni 2019
4. Kamis, 13 Juni 2019
5. Jumat, 14 Juni 2019
6. Senin, 17 Juni 2019

Selain melakukan pengamatan terhadap Jupiter dan Bulan. Peserta juga akan diajak untuk mengenali beberapa bintang terang yang saat ini bisa diamati malam ini.


Namun, pihak Planetarium mengumumkan peneropongan ini hanya akan dilakukan jika cuaca mendukung. Peneropongan akan dibatalkan jika cuaca mendung atau hujan.

Menurut Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin, pengamatan Jupiter ini bisa diamati dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Menariknya, Jupiter mulai bisa diamati sejak matahari terbenam.

Pengamatan Jupiter menggunakan teropong disebut Thomas bisa mengamati hingga atmosfer Jupiter. Pengamatan dengan teleskop kecil, juga disebut bisa mengamati empat satelit terbesar Jupiter.

Pada malam hari akan tampak sebagai bintang cemerlang sampai menjelang matahari terbit. Namun, jika diamati dengan mata telanjang, Jupiter hanya akan tampak seperti bintang terang.

Planet Jupiter yang merupakan terbesar dalam tata surya. Mulai hari ini, planet tersebut akan berada dalam satu garis lurus dengan Bumi dan matahari.

NASA menetapkan sepanjang bulan sebagai bulan yang penuh fenomena astronomi. Dari tanggal 14 sampai 19 Juni, Anda bisa melihat 'susunan indah' bulan, Jupiter, dan Saturnus yang berubah setiap malam saat bulan mengorbit bumi. (eks/eks)