Facebook Patenkan Motor Bisa Berdiri Sendiri

mik, CNN Indonesia | Selasa, 11/06/2019 13:02 WIB
Facebook Patenkan Motor Bisa Berdiri Sendiri Facebook disebut telah mengajukan tujuh paten ke US Patent Office beberapa waktu lalu. (Foto: CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabar mengejutkan datang dari perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Facebook. Platform jejaring sosial itu dikabarkan tertarik mengembangkan sepeda motor yang memiliki teknologi anti-jatuh.

Dikutip Rideapart.com, Selasa (11/6), Facebook disebut-sebut telah mengajukan tujuh paten ke US Patent Office beberapa waktu lalu. Motor yang dimaksud menyuguhkan teknologi self-balancing atau bisa berdiri tanpa penyanggah.

Belum diketahui spesifikasi detail yang membuat motor Facebook tersebut bisa berdiri sendiri, apakah menggunakan sensor giroskop seperti motor self-balancing pada umumnya, atau menyimpan teknologi baru yang lebih mudah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan berkendara konsumen di masa depan.


Jika melihat gambar, kendaraan ini menggunakan dua stabilizer di kiri dan kanan yang berfungsi untuk membantu gerak masing-masing roda.

Sementara di atas roda terlihat mirip sistem rem (disc brake/rem cakram), yang seakan berfungsi menyeimbangkan motor dalam posisi diam meski tanpa bantuan penyanggah dan pengendara.

Keunggulan lain yakni sistem kerja kedua roda bisa berputar 360 derajat secara robotik sehingga motor tidak akan jatuh meski pengendaranya tidak menurunkan kaki.

Tidak dijelaskan tujuan dari aplikasi paten dari Facebook ini. Banyak menduga gambar-gambar ini hanya untuk kebutuhan edukasi teknologi kendaraan self-balancing ke sekolah-sekolah dan sejumlah universitas di AS.

Kendati demikian Facebook sudah membuat terobosan baru dalam bentuk motor berteknologi self-balancing untuk menjawab moda transportasi canggih masyarakat perkotaan di masa depan. (mik)