Kacamata untuk Bantu Montir yang 'Bingung'

mik, CNN Indonesia | Kamis, 13/06/2019 00:17 WIB
Kacamata untuk Bantu Montir yang 'Bingung' Ilustrasi interior mobil BMW. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan otomotif BMW mengumumkan rencana untuk melengkapi jaringan bengkelnya di Amerika Serikat dengan beberapa teknologi inovatif, termasuk kacamata 'pintar'. Benda yang dimaksud untuk meningkatkan kualitas pelayanan setiap bengkel BMW.

Tak semua montir sanggup menyelesaikan segala kerusakan pada mobil. Mereka juga butuh bantuan tenaga ahli untuk memperbaiki masalah yang ada pada kendaraan. Dengan kacamata tersebut, sang ahli bisa mengarahkan montir yang 'bingung' untuk melakukan hal yang tepat.

BMW menyebutnya kacamata 'TSARAVision', yang memungkinkan montir terhubung melalui audio dan video dengan ahli otomotif di kantor pusat BMW di Amerika Utara.




Kecanggihan kacamata itu mampu melakukan video streaming atau menampilkan gambar bagian mobil yang rusak yang bisa dilihat sang ahli. Pada saat montir dan ahli otomotif berkolaborasi, di sana suatu pekerjaan disebut akan diselesaikan secara cepat dan efisien.

Setiap teknisi yang menggunakan TSARAVision tidak hanya melakukan video streaming, tapi juga dapat membuka dan melihat dokumen melalui perintah suara saat memperbaiki kendaraan.

"Saling terhubung ini jauh lebih efisien daripada mengirim formulir dan foto atau menjelaskan masalah teknis yang rumit melalui telepon," kata BMW dilansir leftlanenews.com, Kamis (14/6).

Menurut rencana pabrikan, 347 dealer BMW dan MINI akan menyediakan layanan kacamata 'cerdas' tersebut pada akhir bulan ini. (mik)