Capai 11 M, Donasi Digital Melonjak 3 Kali Lipat saat Ramadan

Gojek, CNN Indonesia | Jumat, 14/06/2019 17:33 WIB
Capai 11 M, Donasi Digital Melonjak 3 Kali Lipat saat Ramadan GoPay bersama dengan KitaBisa.com berhasil mengumpulkan donasi digital sebesar Rp11 miliar atau meningkat tiga kali lipat selama Ramadan 2019. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- GoPay bersama dengan KitaBisa.com berhasil mengumpulkan donasi digital sebesar Rp11 miliar atau meningkat tiga kali lipat selama Ramadan 2019.

Kolaborasi GoPay dan KitaBisa.com berhasil meningkatkan penyaluran zakat, infak dan sedekah menjadi tiga kali lipat dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Selain itu, GoPay juga bekerja sama dengan 300 masjid dan yayasan untuk menerima donasi melalui kode QR.

Armyn Gita, Public Affairs Lead GoPay mengatakan rata-rata masjid mengalami kenaikan donasi dua kali lipat sejak menerima donasi lewat kode QR GoPay.


"Tren donasi secara digital kami harapkan bisa semakin besar lagi," kata Armyn dalam keterangannya, Jumat (14/6).


Selain itu, dengan pelbagai kemudahan dalam berdonasi ia harap dapat mendorong masyarakat untuk membantu sesama. Terlebih target dari Baznas tahun ini mengumpulkan zakat sebesar Rp3,5 triliun.

Donasi yang berhasil dikumpulkan lebih dari Rp11 miliar itu terkumpul baik online lewat KitaBisa.com dan juga melalui kode QR berbagai masjid dan yayasan.

Bagi donatur, berdonasi online memberikan kemudahan karena tak lagi memerlukan uang tunai. Sedangkan bagi yayasan, pengelolaan donasi menjadi lebih transparan dan aman.

Salah satu yayasan yang merasakan kemudahan itu adalah Masjid Al-Bina yang terletak di Senayan, Jakarta.


"Gopay masuk menawarkan infak digital lewat kode QR dari November 2018. Alhamdulillah banyak yang antusias untuk melakukan donasi secara digital," ujar pengurus Masjid Al-Bina, Tri.

Selain untuk keperluan operasional, Tri mengaku donasi tersebut juga digunakan untuk kajian rutin setiap Rabu. (asa)