Catatan Muram Nissan Terra di Awal Tahun

ray, CNN Indonesia | Sabtu, 15/06/2019 12:40 WIB
Catatan Muram Nissan Terra di Awal Tahun Nissan Terra pesaing Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. (Foto: Dok. NMI COMMUNICATIONS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penjualan Nissan Terra di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) dalam negeri tak seindah pesaingnya, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Mobil itu tercatat belum juga 'bertaring' sejak awal kemunculannya pada tahun lalu.

Strategi Nissan Motor Indonesia (NMI) untuk Terra terbukti belum 'moncer' sampai kuartal I tahun ini berakhir.

Menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari-April 2019, wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) Terra hanya 330 unit, 254 unit di antaranya disumbang varian 4x2.


Jumlah tersebut sangat minim jika dibandingkan dengan SUV sekelas yang diketahui sama-sama menggunakan sasis 'ladder frame'.

Misalnya Fortuner. Berdasarkan data yang sama, mobil besutan Toyota tersebut sudah terjual 5.639 unit. Fortuner 4x2 mesin 2.500 cc menjadi favorit dengan perolehan 5.021 unit.

Sementara itu Pajero Sport berada di posisi teratas, sekaligus menjadi pemimpin pasar setelah mengoleksi 6.053 unit versi 4x2 dan 628 unit varian 4x4.

Head of Communication NMI Hana Maharani pernah bilang bahwa tidak peduli konsumen pada Terra lantaran usia mobil tersebut yang masih sangat muda.

Hana optimistis tahun ini bakal menjadi titik balik buat Terra untuk bersaing bersama Fortuner dan Pajero Sport. NMI pun akan terus berupaya membangun citra Terra melalui berbagai promosinya di Tanah Air.

Namun hasilnya keran penjualan Terra sampai bulan keempat tahun ini masih seret. Harapan NMI bahwa Terra dengan segudang fitur terkini bisa bersaing di segmennya nyatanya belum bisa dibuktikan.

"Kami baru launch akhir tahun lalu, jadi kami masih terus mengkomunikasikan dan mendorong awareness-nya di tahun ini," kata Hana beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi peluncuran Terra dilakukan pada Oktober 2018. Gaikindo merekam penjualan Terra pada November dan Desember 2018, sebanyak 793 unit. Sedangkan periode yang sama untuk Pajero Sport laku 2.871 unit dan Fortuner 2.994 unit. (ryh/mik)