Facebook Jelaskan Mekanisme Pelaporan Akun yang Dihapus

evn, CNN Indonesia | Minggu, 16/06/2019 16:02 WIB
Facebook Jelaskan Mekanisme Pelaporan Akun yang Dihapus Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Thierry Roge)
Jakarta, CNN Indonesia -- Facebook menjelaskan mekanisme pelaporan jika akun Facebook atau Instagram dihapus dari layanannya. Communication lead Facebook Indonesia Putri Dewanti menjelaskan mekanisme pelaporan konten atau akun yang dicabut semuanya bisa dilakukan melalui layanan mereka.

Menurut Putri, komplain atas konten atau akn yang dihapus hanya bisa dilakukan di platform Facebook dan Instagram. Putri menjelaskan untuk membuka kembali akun yang dihapus tidak bisa dilakukan di luar layanan.

"Semua [komplain konten atau akun dicabut] bisa dilaporkan melalui platform," terang Putri saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (15/6).


Putri menegaskan pengguna yang merasa keberatan saat menemukan akunnya dihapus oleh Facebook atau Instagram tidak perlu mendatangi kantor perwakilan di Jakarta.

"Tidak ada yang bisa dilakukan off-platform. Semuanya [komplain] dilakukan on-platform," imbuhnya.

Pernyataan Putri sekaligus menjawab kekecewaan politikus Andre Rosiade yang mendatangi kantor Facebook untuk mengadukan akun Instagram miliknya yang dicabut tanpa mengetahui penyebab.

Putri menolak mengomentari kekecewaan yang dirasakan Andre ketika menyambangi kantor Facebook untuk menyampaikan komplain.

"Tidak ada komentar mengenai hal tersebut [komplain Andre]," tandasnya.

Lebih lanjut, Putri mengatakan pengguna Instagram dan Facebook bisa melakukan banding yang menyatakan keberaatan jika konten atau akunnya dihapus. Proses banding dilakukan untuk membuka kembali akun yang dihapus.

Pengguna bisa melakukan banding jika merasa konten yang diunggah tidak melanggar aturan perusahaan. Nantinya Instagram akan melakukan peninjauan apakah akun tersebut dianggap melakukan pelanggaran fatal atau bisa membuka kembali aksesnya.

Sebelumnya politikus Andre Rosiade, juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto - Sandiaga Uno mengaku kecewa saat mendatangi kantor Facebook untuk mengadukan akunnya yang dicabut. Andre kecewa lantaran tak bisa menemui perwakilan Facebook dan hanya disambut oleh resepsionis Gedung Capitol.

[Gambas:Video CNN] (evn/evn)