Menguak Mobnas Pertama Vietnam, Tidak 100 Persen Lokal

fea, CNN Indonesia | Senin, 17/06/2019 12:29 WIB
Menguak Mobnas Pertama Vietnam, Tidak 100 Persen Lokal VinFast Fadil. (Foto: Manan VATSYAYANA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- VinFast, produsen mobil lokal Vietnam bakal meluncurkan mobil pertama mereka, yaitu hatchback bernama Fadil, pada Senin (17/6). Fadil yang rencananya dijual 394,5 juta dong atau berkisar Rp241 juta tidak sepenuhnya buatan lokal Vietnam.

VinFast merupakan startup otomotif bagian dari konglomerat real estate Vingroup JSC. Saat berpartisipasi di acara otomotif global, Paris Motor Show 2018, VinFast diketahui bekerja sama dengan perusahaan asal Eropa seperti BMW, Pininfarina, dan Magna Steyr.

Di Paris, dua model sudah diperkenalkan, yaitu sedan eksekutif LUX A2.0 berbasis BMW Seri 5 F10 dan SUV menengah LUX SA2.0 berbasis BMW X5. Kedua model itu didesain oleh Pininfarina dan komponennya dikerjakan Magna Steyr.


Meski LUX A2.0 dan LUX SA2.0 sudah muncul ke hadapan publik global, namun Fadil yang pertama diproduksi massal dan diluncurkan lebih dulu untuk pasar lokal Vietnam. Fadil bukan 100 persen buatan Vietnam sebab dirancang berbasis Opel Karl Rocks.

Opel merupakan merek mobil Jerman yang dimiliki grup otomotif asal Prancis, PSA, sejak 2017. Selain itu, VinFast juga diketahui telah bekerja sama dengan Chevrolet bagian dari General Motors, produsen ponsel dan baterai Siemens, serta perusahaan negara bagian minyak bumi PetroVietnam.

Fadil memiliki ukuran tubuh panjang 3.676 mm, lebar 1.632 mm, dan tinggi 1.495 mm, serta wheelbase 2.385 mm. Mobil ini lebih besar dari Toyota Agya namun lebih kecil ketimbang Daihatsu Sirion atau Mitsubishi Mirage.

Fadil dibekali mesin bensin 1.400 cc bertenaga 98 hp dan torsi 128 Nm. Transfer tenaga dari mesin ke roda depan disalurkan satu-satunya pilihan transmisi, CVT.


Menguak Identitas Fadil, Mobil Nasional Pertama VietnamVinFast Fadil. (Foto: Manan VATSYAYANA / AFP))
Perangkat keselamatan yang dimiliki yakni Anti-lock Braking System, Electronic Brakeforce Distribution, Traction Control, Roll-Over Mitigation, Isofix, dua airbag, keyless entry. Fitur lain yakni Hill-start Assist, sensor parkir, kamera parkir, dan daytime running light.

Fadil sudah bisa diuji coba calon konsumen sejak awal Juni dan akan dikirimkan ke pemesan pertama pada pekan ini. Fadil dan kendaraan VinFast lainnya akan diproduksi di pabrik yang berada di Hai Pong, area utara Vietnam.

Selain model-model yang sudah disebut di atas, VinFast juga punya model lainnya, yaitu SUV bongsor LUX V8 dan motor listrik. LUX V8 yang menggendong mesin V8 6.200 cc diduga menggunakan mesin LS V8 milik General Motors sudah diperkenalkan di Geneva Motor Show 2019 melalui Magna Steyr.

Motor listrik VinFast jumlahnya ada tujuh dan disiapkan meluncur pada tahun ini. (fea/fea)


BACA JUGA