Honda Luncurkan Skutik Genio, Lebih Murah dari Scoopy

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 21/06/2019 11:41 WIB
Honda Luncurkan Skutik Genio, Lebih Murah dari Scoopy Skutik 110 cc Honda Genio resmi meluncur di Jakarta, Jumat (21/6). (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Astra Honda Motor (AHM) merilis versi produksi motor konsep Project G dengan nama Genio di Jakarta, Jumat (21/9). Pada April lalu, Project G sudah diperkenalkan di Indonesia International Motor Show sebagai petunjuk kelahiran skutik baru dengan gaya retro.

Presiden Direktur AHM Thosiyuki Inuma mengatakan Genio dikembangkan sebagai produk skutik dengan desain, performa, fitur, konsumsi bahan bakar, yang cocok untuk pemakaian harian.

"Semua itu dibungkus dengan harga yang terjangkau," kata Inuma di bilangan Kemayoran, Jakarta Pusat.


Genio dibangun di atas platform baru, yaitu enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Genio merupakan produk Honda pertama yang menggunakannya di dalam negeri.

Jantung pacu Genio adalah mesin 110 cc eSP (enhanced Smart Power) dengan standar gas buang Euro 3, injeksi PGM-FI, yang menghasilkan 8,8 hp pada 7.500 rpm serta torsi puncak 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

AHM menjelaskan Klaim Genio mampu menempuh jarak 0-200 meter hanya dalam12,4 detik. Sementara kecepatan maksimalnya dikatakan 94 km per jam.

Berdasarkan pengujian internal melalui metode ECE R40, konsumsi bahan bakar Genio menunjukkan angka 59,1 km/ liter (fitur ISS on). Itu berarti motor ini sanggup menempuh jarak hingga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.

"Honda Genio diharapkan dapat menjadi pilihan generasi muda yang ingin tampil beda dalam mendukung aktivitas sehari-harinya. Kami optimis kehadiran skutik terbaru Honda ini akan menjadi identitas dan tren baru yang disenangi masyarakat," ujar Executive Vice President Director AHM Johannes Loman.

Honda Genio dijual dua tipe, yaitu CBS dan CBS-ISS dengan total 11 varian warna. Tipe CBS dilego Rp17,2 juta dan tipe CBS-ISS Rp 17,7 juta on the road Jakarta. Honda menargetkan penjualan skutik ini mencapai 500 ribu unit dalam satu tahun.

Di daftar produk Honda, harga Genio selevel dengan varian termurah Vario 100, itu berarti berada di atas Beat namun di bawah Scoopy. Dari sisi harga, Genio bersaing dengan Yamaha Soul GT yang punya kapasitas mesin 125 cc. (ryh/fea)