Persiapan Misi ke Bulan NASA 50 Tahun Lalu

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 24/06/2019 06:46 WIB
Persiapan Misi ke Bulan NASA 50 Tahun Lalu Ilustrasi. (REUTERS/James Lawler Duggan)
Jakarta, CNN Indonesia -- July 50 tahun lalu, NASA berhasil 'menerbangkan' manusia pertama ke bulan. Misi Apollo 11 ini dilakukan oleh Neil A. Armstrong, Edwin 'Buzz' Aldrin dan Michael Collins bertemu dengan para astronot yang terbang di Apollo 10: Thomas P. Stafford, Eugene A. Cernan dan John W. Young.

Apollo 10 adalah 'gladi bersih' untuk misi pendaratan di bulan, trio astronot adalah orang yang harus dikonsultasikan sebelum peluncuran. Beberapa hari kemudian, Aldrin dan Armstrong mendapat latihan tambahan ketika mereka menyelesaikan simulasi Extravehicular Activity (EVA) yang akan mereka lakukan di bulan.

Pada 11 Juni, misi Apollo 11 akhirnya ditetapkan ketika Letjen Sam C. Phillips, Direktur Program Apollo NASA, secara resmi mengumumkan bahwa NASA bermaksud mendarat di bulan sebulan kemudian.

Hal ini dengan asumsi semua kegiatan pre-flight berjalan dengan lancar. Seiring berjalan waktu, para astronot terus berlatih dan staf pendukung yang luas di NASA bekerja tanpa lelah untuk memastikan keberhasilan misi dan keselamatan para kru.


Armstrong menyelesaikan delapan penerbangan dengan Lunar Landing Training Vehicle. Pada 16 Juni para astronot mensimulasikan kedatangan Fasilitas Karantina Bergerak, sebuah trailer Airstream yang akan menampung para anggota kru yang kembali secara terpisah untuk memastikan mereka tidak membawa kembali infeksi apa pun dari bulan.

Keesokan harinya, 17 Juni, para pemimpin di seluruh agen berkumpul di Kennedy Space Center untuk Tinjauan Kesiapan Penerbangan. Tinjauan tersebut mencakup semua aspek peluncuran dan misi untuk menentukan apakah mereka siap untuk maju ke Uji Demonstrasi Hitung Mundur.

Uji coba ini merupakan sebuah percobaan untuk hitung mundur peluncuran. Ulasan berjalan dengan baik, dan tes selesai pada awal Juli.

Sementara itu, para astronaut terus berlatih, termasuk Armstrong dan Aldrin berlatih EVA permukaan bulan mereka. Pada 1969, NASA tidak hanya telah menjelaskan bahwa agensi tersebut bermaksud untuk mendaratkan astronot-astronot ini di bulan pada bulan Juli, tetapi personel juga telah menyelesaikan hampir semua langkah yang diperlukan untuk mewujudkannya.

Pekerjaan itu terbayar pada 20 Juli 1969, ketika diperkirakan 600 juta orang di seluruh dunia duduk, terpaku pada pesawat televisi mereka untuk menyaksikan langkah pertama bersejarah para kru di bulan. (age/age)