Honda Tak Khawatir Skutik Genio Usik Scoopy

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 21/06/2019 18:53 WIB
Honda Tak Khawatir Skutik Genio Usik Scoopy Spidometer Honda Genio. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kehadiran skutik baru Honda Genio diperkirakan bakal mengganggu model skutik 110 cc Honda lainnya, yakni Scoopy. Namun, Astra Honda Motor (AHM) meyakinkan bahwa Genio menawarkan sesuatu yang baru.

Ada dua hal mendasar yang mungkin bikin Genio dipilih konsumen potensial Scoopy, yakni harganya lebih murah dan desainnya mirip. Selama ini, AHM dirasa sudah cukup kuat memegang kendali pasar skutik 110 cc dengan Beat, Vario 110, dan Scoopy jadi tambahan model baru diperkirakan bakal mubazir.

Genio dilepas dengan harga Rp17,2 juta dan Rp17,7 juta, sedangkan Scoopy dijual Honda nyaris Rp19 juta. Sementara itu, dari penampilannya, Genio terlihat seperti versi lebih kecil dari Scoopy.


Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menilai Genio telah disesuaikan untuk merangkul kebutuhan pasar baru, meski sama-sama berdesain retro dan menggendong mesin 110 cc dengan Scoopy.

"Ini (Genio) fashionable. Dan Genio sesuatu yang baru. Kalau Scoopy lebih ke retro dan segmen beda," kata Loman di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/6).

Loman bilang perusahaan tidak khawatir mengenai potensi Genio berprilaku 'kanibal' terhadap Scoopy. Dari pemaparan target penjualan, AHM ingin Genio laku 500 ribu unit per tahun atau 41 ribuan unit per bulan, itu masih di bawah hasil Scoopy selama ini sebesar 70 ribu hingga 80 ribu unit per bulan.

Loman berpendapat segmen skutik 110 cc masih luas, pasar saat ini dikatakan membutuhkan lebih banyak produk yang mengakomodasi kebutuhan konsumen. Tidak semua masyarakat menginginkan Scoopy, begitu juga sebaliknya pada Genio.

"Skuter itu sudah sangat besar segemnnya. Kami itu tidak ingin seperti dulu pilihan cuma satu, yaitu Astrea Grand. Kan tidak bener itu. Kalau pun ada (yang beralih) itu juga sedikit, karena beda," kata dia.

Genio buat Pemula

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya menuturkan masing-masing produk pada kelas 110 cc Honda sudah punya porsi tersendiri untuk mendapat konsumen.

Beat series dan Vario 110 akan menyasar kelas bawah, sedangkan Scoopy kepada segmen menengah ke atas yang mau skutik 110 cc. Bidikan pasar itu yang membuat Scoopy lahir dengan gaya unik berdesain retro.

Sedangkan untuk Genio, menurut Thomas lebih mengincar konsumen pemula.

"Jadi Genio tidak terlalu unik dan se-retro Scoopy. Jadi secara target segmen dan desain perbedaannya cukup signifikan. Karakternya berbeda dengan masing- masing segmen anak muda yang ada," kata Thomas. (ryh/fea)