Pikachu Tak Bisa 'Diburu' Lagi di Android KitKat

CNN Indonesia | Minggu, 23/06/2019 00:41 WIB
Pikachu Tak Bisa 'Diburu' Lagi di Android KitKat Ilustrasi Pokemon Go. (Dok. Niantic Inc)
Jakarta, CNN Indonesia -- Niantic sebagai pengembang gim Pokemon Go memastikan gim besutannya tidak bisa lagi dimainkan di perangkat dengan sistem operasi (OS) Android 4.4 KitKat.

Lewat cuitannya, pengembang gim asal Jepang mengumumkan untuk menghentikan dukungan untuk gim yang memiliki karakter ikonik Pikachu itu di ponsel dengan OS Android KitKat mulai 1 Juli 2019.

Selain Pokemon Go, Nianti juga mengumumkan gim berbasis Augmented Reality (AR) lainnya yakni Ingress tidak akan bisa dimainkan lagi di ponsel dengan OS KitKat.




Bukan tanpa alasan, VentureBeat mencatat bulan lalu pengguna Android Kitkat saat ini hanya tersisa tujuh persen dari pengguna Android aktif.

Sekitar 90 persen pengguna  sudah memiliki OS versi yang lebih baru. Oleh karena itu, pemberhentian dukungan ke KitKat tidak akan memengaruhi sejumlah besar pengguna yang memainkan Pokemon Go dan Ingress.

Dilaporkan Android Community, saat ini ada banyak ponsel yang bisa menjalankan gim besutan Niantic di Android versi lebih baru. Gim terbaru Niantic,  Harry Potter Wizards Unite, juga memerlukan perangkat yang berjalan di Android Lollipop 5 ke atas.

Dilansir dari 9to5 Google, Niantic mengatakan bahwa 'bantuan dalam gim' akan memberikan lebih banyak informasi tentang perubahan tersebut. Dalam cuitan, Niantic mendorong orang untuk memperbarui perangkat mereka ke Android 5.

[Gambas:Video CNN] (jnp/evn)