Harga Bitcoin Melonjak Jadi Rp155,8 Juta

Tim, CNN Indonesia | Senin, 24/06/2019 11:22 WIB
Harga Bitcoin Melonjak Jadi Rp155,8 Juta Ilustrasi. (REUTERS/Marco Bello)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nilai mata uang Kripto, Bitcoin melonjak jadi US$11 ribu atau sekitar Rp155,8 juta. Pada Mei, nilai tukar Bitcoin juga sudah berada di level US$7 ribu, mendekati level tertinggi dalam sembilan bulan.

Dilansir dari CityA.m, harga Bitcoin pada Sabtu lalu (22/6) telah menembus nilai US$11 ribu untuk pertama kalinya sejak Januari 2018.

Harga tersebut membuat kapitalisasi pasar Bitcoin berada pada kisaran US$195,5 miliar atau sekitar Rp2,7 kuadriliun.


Nilai Bitcoin telah melonjak hampir 50 persen sejak 10 Juni ketika bernilai US$7,6 ribu. Kepala eksekutif Online Blockchain Clem Chamber mengatakan reli akan terjadi seperti pada 2017, ketika harga Bitcoin melonjak dengan cepat.
"Ini tidak ada bedanya dengan reli dan bubble 2017. Akan ada siklus boom, bubble, bust dan ini (peningkatan) adalah bagian boom atau bubble lainnya. Seberapa tinggi kelanjutannya kali ini masih berupa dugaan," kata Chambers.

Bitcoin mencapai level tertinggi sepanjang masa dari US$19,6 ribu pada Desember 2017 sebelum jatuh ke level terendah U$3,1 ribu pada Desember 2018.

Saat ini harga Bitcoin meningkat lebih dari 250 persen sejak level terendahnya pada 2018. Dilansir dari Independent, harga Bitcoin memang sulit diprediksi. Akan tetapi, berbagai ahli menduga harga Bitcoin bisa melewati harga tertinggi pada 2017 lalu.

Mata uang kripto lainnya seperti Ethereum, Ripple, dan Litecoin juga terdorong oleh peningkatan Bitcoin. Rata-rata mengalami peningkatan 20 persen hingga 35 persen pada bulan lalu.
Kemungkinan besar, melesatnya nilai Bitcoin juga dibantu oleh mata uang kripto milik Facebook, Libra yang belum dirilis.

Awal pekan ini, Facebook mengumumkan rencana untuk meluncurkan versi bitcoin-nya sendiri pada 2020. Banyak ahli menyebutkan alih-alih menggantikan Bitcoin, Libra justru melegitimasi dan mendorong industri mata uang kripto.

"Blockchain yang dibuat Facebook adalah penguatan dari gagasan lama di komunitas Bitcoin bahwa sistem layanan keuangan yang dibangun di atas blockchain yangakan menggantikan sistem lama berbasis bank," kata Steven Eliscu DMG Blockchain. (jnp/age)